-->

Korpolairud Baharkam Polri Gelar Upacara Cuci Pataka Jelang Peringatan HUT ke-72 Poairud





Jakarta-fbinews


Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) Baharkam Polri menggelar Upacara Pencucian Pataka, yakni mencuci panji-panji Korpolairud Baharkam Polri "Nityacas Samapta", upacara tersebut menjadi tradisi wajib sebelum peringatan Hari Ulang Tahun Korps Kepolisian dan Udara ke-72 yang akan digelar, Jum'at (2/12/2022)


Upacara Pencucian Pataka merupakan upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata tersebut digelar di Gedung Widodo Budidarmo Ditpolair Korpolairu, Tanjung Priok Jakarta Utara Jum'at (2/12/2022)


Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol. Dr. Indra Miza, M.Si.





 Nityacas Samapta adalah nama Pataka Korpolairud Baharkam Polri yang memiliki arti selalu siap siaga dan waspada.

 

Tradisi pensucian pataka sebagai pemuliaan nilai-nilai luhur yang perlu dipertahankan sebagai wujud filosofinya yaitu, untuk menjaga dan memelihara keamanan dan keselamatan, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan melayani masyarakat, dengan menjunjung tinggi kehormatan kesatuan, soliditas, hierarki, loyalitas, kejujuran dan keikhlasan dalam pengabdian kepada bangsa dan negara untuk menjadi kesatuan yang profesional, modern dan terpercaya serta berkelas dunia.


Mempunyai semangat juang yang tinggi dan dalam menjalankan tugas senantiasa berdasarkan Pancasila, UUD 1945, serta sebagai abdi utama bagi masyarakat, bangsa dan negara yang menjunjung tinggi Tribrata sebagai pedoman hidup Polri guna menciptakan kondisi  yang aman, tertib dan tenteram bagi masyarakat baik nasional maupun internasional.


Dalam rangkaian kegiatan pataka yang dibawa personel Korpolairud memasuki tempat acara, lalu dibuka selubungnya dan kemudian dilakukan pencucian pataka secara simbolis oleh Kakorpolairud Baharkam Polri dengan memercikan air, kemudian pataka ditutup kembali dan disimpan.


Turut hadir dalam upacara tersebut Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol M. Yassin Kosasih, S.I.K., M.Si. dan para PJU jajaran Korpolairud.

**

 Advertisement Here
 Advertisement Here