-->

Mendes PDTT Apresiasi HD Iniasi GSMP Sesuai Arah Pembangunan Desa dan Nasional


Palembang,  FBINEWS 

Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadiri Seminar Desa se-Sumsel dengan tema "Relevansi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) dalam Menekan Kemiskinan dan Menurunkan Angka Stunting" diselenggarakan oleh Harian Pagi Sumatera Ekpres di Balroom Hotel Wyndham OPI Jakabaring, Rabu (21/12/2022).

HD mengapresiasi program Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) yaitu alokasi 20 persen dana desa untuk ketahanan pangan. Menurutnya program ini akan mendukung terlaksananya GSMP dengan lebih baik.

"GSMP gerakan yang multieffect, dimana dengannya kita bisa menjadi tidak bergantung pada daerah lain. Yang paling fundamental dalam GSMP adalah mengubah pola pikir masyarakat untuk menghasilkan ,"katanya.

Program ini bahkan mampu membuat Sumsel menjadi 10 provinsi terbaik dalam pengendalian inflasi daerah dan menurunkan angka kemiskinan secara siginifikan di Sumsel selama satu dekade.

"Ditambah dukungan Pak menteri, Saya yakin kita betul-betul bisa mencapai angka satu digit kemiskinan," tambahnya.

Dalam upaya penurunan stunting, HD harapkan Kemendes PDTT juga mengalokasikan dana desa untuk posyandu sebagai garda terdepan pencegahan stunting.

Sebelumnya, Menteri Desa PDTT, Dr (HC) Drs Abdul Halim Iskandar, MPd, katakan kegiatan ini sesuai dengan strategi pembangunan nasional dan arah pembangunan desa. Kegiatan ini menunjukan keberpihakan Sumsel dipimpin Gubernur HD diprioritaskan menuju desa tanpa kemiskinan dan desa tanpa kelaparan agar tidak ada stunting..

Ketua Pelaksana, Nurseri Marwah, ungkapkan peserta dalam kegiatan ini berasal dari kab/kota se-Sumsel yang sangat mendukung implementasi program GSMP terdiri atas Para Kepala OPD terkait. Juga dalam rangka untuk mengevaluasi pelaksanaan GSMP selama setahun di Sumsel.

Dalam kesemlatan itu juga dilakukan Penyerahan CSR BSB GSMP untuk 17 kab/kota senilai Rp. 1 M.

Turut hadir Dirut BSB, Achmad Syamsudin, Para Kepala OPD Sumsel.**

 Advertisement Here
 Advertisement Here