-->

Tingkatkan Sinergitas yang Mantap, Kapolda dan Dandrem Pimpin Apel Pasukan Operasi 2023


Ternate - FBINEWS 


Kapolda Malut Irjen Pol. Midi Siswoko didampingi Danrem 152/Babullah memimpin apel gelar pasukan Operasi kepolisian Terpusat dengan sandi “Ketupat Kie Raha2023” dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri 1444 H, yang diadakan di lapangan perikanan Nusantara Bastiong Ternate, Senin (17/4/2023).

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Malut, Pejabat Utama (PJU) Polda Malut, Kapolres Ternate, Danlanal Ternate, Denpom Ternate, Kepala Basarnas, Kepala Jasa Raharja, Manager ASDP Ternate, Kepala KSOP II Ternate dan Kepala BMKG Malut serta Personil Gabungan.




Saat membacakan amanat Kapolri, Kapolda menyampaikan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2023. kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya idul fitri 1444H.


“Mudik kali ini diperkirakan terjadi peningkatan pergerakan masyarakat dari 85,5 juta orang pada tahun 2022, menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8%. berkaitan dengan hal tersebut presiden joko widodo menekankan agar "ber hati- hati, karena di tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik,” terangnya 


Selanjutnya Kapolri tekankan terkait permasalahan laka lantas, optimalkan langkah-langkah preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan. disamping itu, ingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan. 


“lakukan edukasi tertib berlalu lintas, imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan. apabila terjadi laka lantas segera lakukan penanganan secara cepat untuk menolong korban, serta upayakan jangan sampai berimplikasi terhadap kemacetan yang parah,” maunya.


Ia juga mengigatkan untuk meningkatkan patroli pada jam-jam rawan dalam mengantisipasi tindak pidana khusus bagi rumah yang ditinggal mudik, imbau masyarakat agar melapor ke ketua Rt/Rw maupun Bhabinkamtibmas setempat dan aktifkan siskamling dengan menerapkan one gate system.


Berbagai langkah dalam operasi ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik, sehingga kita dapat memastikan kelancaran hari raya idul fitri 1444H, serta mewujudkan “mudik yang aman dan berkesan” begitu pula pada saat arus balik. 


Sementara itu, kabidhumas Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil, menambahkan Operasi kepolisian Terpusat dengan sandi “Ketupat Kie Raha2023” kali ini digelar selama 14 (empat belas) hari mulai tanggal 18 april sampai sengan 1 mei 2023. 


Adapun personil Polda Malut, Polresta dan Polres Jajaran yang dilibatkan dalam pengamanan yakni 792 personil terdiri dari Polda Malut 190 personil, Polresta Tidore 56 personil, Polres ternate 135 personil, Polres Halut 70 personil, Polres Halbar 56 personil, Polres Halsel 55 personil, Polres Halteng 54 personil, Polres Haltim 60 personil dan Polres Kep, sula 60 personil serta Polres Pulau Morotai 56 personil.


“Untuk diketahui, Polda Malut dan jajaran juga menyiapkan pos-pos pengamanan terdiri dari pos terpadu 12 unit, Pos pengamanan 38 Unit dan Pos Pelayanan 15 unit," pungkasnya 


ILON HI.M MARSAOLY
 

 Advertisement Here
 Advertisement Here