-->

Wakapolres Samosir Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Umum



Sumut - Fbinews

Wakapolres Samosir Kompol Saut Tulus Panggabean S.H., mengikuti acara pemusnahan barang bukti tindak pidana umum di Kantor Kejaksaan Negeri Samosir pada tanggal 18 Juli 2023.


Acara tersebut dihadiri oleh Asisten 3 Pemerintah Kabupaten Samosir Rudi Siahaan, Kajari Samosir Andi Andika Wira Putera S.H., M.H, Kalapas Kelas III Pangururan Krisman Ziliwu, S.H., Mewakili Danramil Pangururan Sertu T. Sihotang, dan Kabid Kesehatan dr. Ganda Nainggolan.


Dalam sambutannya, Kajari Samosir menjelaskan bahwa barang bukti yang akan dimusnahkan meliputi 775,3 gram ganja, 6,5 gram sabu serta sejumlah handphone yang digunakan sebagai sarana transaksi narkoba. Ia menyampaikan pentingnya memusnahkan barang bukti tersebut agar tidak dapat digunakan lagi dalam tindak kejahatan.


Wakapolres Samosir menambahkan bahwa pemusnahan barang bukti ini merupakan bukti nyata kinerja Kejaksaan Negeri Samosir yang sekaligus rangkaian dalam rangka memperingati Hari Bakti Adhyaksa ke-63. Hal ini juga menunjukkan komitmen aparat penegak hukum dalam memberantas tindak pidana.


Sebelum dilakukan pemusnahan, Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir melakukan pemeriksaan keaslian barang bukti narkoba dengan menggunakan alat tes. Hasilnya menunjukkan bahwa narkoba jenis sabu dinyatakan positif. Adapun narkoba jenis ganja langsung diperlihatkan kepada seluruh peserta yang hadir.


Kemudian, Forkopimda Kabupaten Samosir yang juga hadir dalam acara tersebutmemusnahkan barang bukti dengan cara meletakkannya dalam drum kaleng dan membakarnya bersama-sama. Langkah ini dilakukan sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri Balige dan surat perintah dari Kepala Kejaksaan Negeri Samosir Nomor: Print-126/L.2.33/KPA.5/07/2023 tanggal 7 Juli 2023 yang memerintahkan pemusnahan barang bukti.


Pemusnahan barang bukti tindak pidana umum ini menjadi langkah konkret dalam memberantas kejahatan dan memastikan bahwa barang bukti yang telah ditetapkan oleh pengadilan tidak akan kembali digunakan. Aparat penegak hukum di Kabupaten Samosir terus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menegakkan supremasi hukum.

**

 

 Advertisement Here
 Advertisement Here