-->

Pengerjaan Proyek Cor Talud di Dam Kali Merangan Tanpa Adanya Papan Transparansi


 

BANTUL, FBINEWS 


Tidak adanya papan transparansi diproyek pengerjaan cor talud dinding sungai serta groundsiil di bawah Dam Kali Merangan, Padukuhan Kepuh Kidul, Kalurahan Wirokerten, Kapanewon Banguntapan, Bantul, patut diduga tidak transparan dan bertentangan dengan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang KIP (Keterbukaan Informasi Publik)


Pantauan tim Investigasi dilokasi pada Minggu Tanggal 10 September 2023 hanya ada 2 alat berat jenis becho dan 1 truk molen yang terparkir dilokasi. 





Tim investigasi bertanya kepada salah satu warga yang tinggal didekat lokasi proyek, Ia menjawab tidak mengetahui itu proyek apa dan siapa yang mengerjakan.


"Saya tidak tahu mas, entah itu proyek apa, yang jelas ngecor dinding dan lantai sungai, maaf saya walau dekat lokasi tidak di ajak sosialisasi, silahkan tanya Pak RT atau Pak Dukuh, mungkin mereka tahu," ucap warga.


Kemudian tim investigasi mendatangi rumah Ketua RT Kepuh Sukir, namun saat akan diwawancara Ia enggan menanggapi dan menjawab dengan ketus.


"Iya, saya Sukir, anda mau apa?

Saya mau kesawah, saya sibuk," jawab Ketua RT Sukir sembari berpaling muka.


Tim investigasi mendapat tanggapan yang kurang bersahabat seolah-olah alergi terhadap wartawan, akhirnya tim kembali mencoba menggali informasi lagi ke salah satu warga, namun tim tetap mendapat keterangan yang tidak jelas.


Sungguh sangat disayangkan, di era keterbukaan saat ini, sesuai yang ditekankan oleh Pemerintah, jika semua kegiatan yang dibiayai oleh uang negara hendaknya mengedepankan keterbukaan atau transparansi. 


Setelah ditayangkannya berita ini, tim investigasi akan melanjutkan mendatangi Dinas PU Bantul atau PU DIY dan BBWSO untuk mencari informasi terkait proyek tersebut. (Tim)

 Advertisement Here
 Advertisement Here