-->

Polisi Ingatkan Mudik Bukan Seperti Balapan 'Fast & Furious'


Lampung – FBINEWS 

Polda Lampung memprediksi terjadi peningkatan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dalam arus mudik lebaran. Lampung yang menjadi salah satu destinasi pemudik bersiap menyamnut dan mengantisipasi kesiapan segala sarana prasarana.

Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika mengungkapkan, jumlah pemudik meningkat dibanding dua arus mudik sebelumnya. Kapolda mengingatkan akan pentingnya keselamatan dalam perjalanan pemudik hingga sampai ke tujuan.

Data Polda Lampung menunjukkan bahwa banyak pemudik lebih memilih kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil, dibandingkan transportasi umum dalam kepergiannya untuk pulang kampung.

Tak sedikit para pemudik yang pulang ke kampung halaman mengabaikan keselamatan dalam berkendara seperti kondisi kendaraan yang kurang sehat, dan mengabaikan rambu-rambu lalu lintas.

Oleh sebab itu, Kapolda Lampung menekankan pentingnya keselamatan selama perjalanan mudik, meskipun rasa rindu dan keinginan untuk bertemu keluarga besar di kampung halaman begitu besar. Dirinya menyarankan agar pemudik tidak terburu-buru atau berkendara dengan kecepatan tinggi, mengingat perjalanan tersebut bukan ajang balap.

“Mudik adalah momen silaturahmi dan perayaa Lebaran di kampung halaman, bukan saat untuk meniru aksi dalam film Fast & Furious,” katanya, dikutip pada Minggu (24/3/2024).

Tentu maksud Kapolda Lampung, bahwa masyarakat diminta untuk menjaga laju kecepatan kendaraan, menjaga kondisi tubuh yang prima dan para pemudik agar mempersiapkan kendaraan secara menyeluruh sebelum berangkat, dengan melakukan pemeriksaan mendetail untuk menghindari gangguan di perjalanan.

Dengan melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum berangkat merupakan tindakan preventif yang sangat penting untuk mengurangi resiko kecelakaan yang fatal di jalan raya. Diharapkan dengan semangat untuk menjaga diri dengan menjaga keselamatan diri masing-masing pada saat mudik mampu menekan jumlah fatalitas kecelakaan pada saat arus mudik dan balik lebaran ini.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here