24 Sep 2022

Kapolri Hadiri Penganugerahan Suara Rohani Untuk Indonesia

 


Jakarta – FBINEWS 


Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri kegiatan penganugerahan juara lomba vocal group dan solo lagu rohani kristiani di Gedung PTIK, Jakarta Selatan, Jumat, 23 September 2022.


“Baru saja kita melaksanakan puncak penyerahan piala terkait dengan lomba untuk vocal group dan juga lagu solo dengan tema rohani untuk Indonesia,” kata Sigit kepada awak media. Dalam kegiatan tersebut, dihadiri pula oleh seluruh tokoh lintas agama. Menurut Sigit, acara tersebut juga merupakan wujud untuk menjaga dan mempertahankan nilai persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.


Sigit menegaskan, Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, agama dan adat istiadat. Keberagaman tersebut, ditekankan Sigit, merupakan satu kekuatan yang dimiliki Indonesia dalam menghadapi segala bentuk tantangan serta rintangan bangsa yang ada. “Ini merupakan bagian, dari upaya kita untuk terus membangun nilai-nilai persatuan, toleransi, keberagaman. Karena acara ini juga dihadiri seluruh elemen lintas agama sebagai bukti Indonesia ini beragam, namun kita selalu tetap satu dan ini jadi satu kekuatan kita,” ujar eks Kabareskrim Polri itu.


Tak hanya itu, Sigit menyatakan bahwa, kegiatan kerohanian seperti ini juga dijadikan momentum dalam rangka semangat perbaikan internal serta melakukan reformasi kultural di dalam institusi Korps Bhayangkara.


Sigit menjelaskan, dalam reformasi kultural, sisi rohani menjadi salah satu hal fundamental yang harus selalu tertanam di dalam jiwa dan sanubari seluruh personel Kepolisian maupun setiap insan manusia. Dengan begitu, Sigit berharap, setiap anggota kepolisian yang menjalankan tugasnya, dapat menjadi sosok-sosok yang diharapkan maupun dicintai oleh masyarakat Indonesia.


“Dan ini juga merupakan bagian dari upaya kami untuk terus memperbaiki organisasi dalam bentuk reformasi kultural, kegiatan-kegiatan hari ini tentunya menjadi bagian upaya kita untuk memperbaiki. Mereformasi baik personel Polri, nilai-nilai yang terus harus kita tanamkan, sehingga semakin hari tentunya kita bisa melaksanakan apa yang menjadi harapan masyarakat,” papar Sigit.


Lebih dalam, mantan Kapolda Banten ini mengungkapkan, kedepannya Polri akan terus menggelar kegiatan-kegiatan kerohanian lainnya demi terus menjaga persatuan, kesatuan serta keberagaman yang ada.


“Kami semua mohon doa dan dukungan kegiatan seperti ini akan kita laksanakan di waktu lain tentunya dari unsur religi dan agama yang ada di Indonesia sebagai wujud keberagaman, persatuan dan toleransi yang selama ini kita jaga dalam menjaga negara kita tercinta. Nilai Pancasila yang tertanam di hati kita semua,” tutur Sigit.


Sebelumnya diketahui, Polri juga telah menggelar kegiatan penganugerahan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) anggota Polri, pada Kamis 18 Agustus 2022. Acara itu diikuti 796 personel Polri dari 34 Polda.


Ketika itu, Sigit menyebut dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan terbentuk anggota Polri yang memiliki karakter akhlak dan bisa mewujudkan harapan menjadi anggota Polri yang presisi dan bisa dekat dengan masyarakat.


“Harapan kita dengan acara ini, tentunya akan terbentuk dan terpilih khususnya kader-kader SDM unggul yang memiliki karakter dan akhlak, yang tentunya kita harapkan bisa mewujudkan harapan kita menjadi Polri yang Presisi dan bisa dekat dengan masyarakat,” kata Sigit.


Source: humaspolri 

23 Sep 2022

Polri Pastikan Tak Ada Kebocoran Data Anggota

 

Jakarta – FBINEWS 


Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memastikan tak ada kebocoran data anggota. Sebelumnya, menyeruak isu hoaks tentang kebocoran data pribadi 26 juta anggota polisi yang beredar di internet.


“Hasil asesmen dari Div TIK data tersebut tidak bocor. Data bocor itu adalah hoaks,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (23/9/2022).


Dedi menjelaskan, data yang beredar tersebut merupakan data usang dari tahun 2016 lalu. Menurut Dedi, data yang dimaksud juga tergolong umum dan dapat ditemukan dengan mudah di internet.


“Data usang tahun 2016 yang lalu dan itu bisa didapatkan di internet,” tuturnya.


Sebelumnya, salah satu pengguna forum Hacker dengan user bernama Meki mengunggah utas atau thread bertajuk ‘26M DATABASE NATIONAL POLICE IDENTITY OF INDONESIA REPUBLIC‘ dengan menampilkan logo besar Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Rabu (21/9).


Dalam narasinya, dia mengaku memiliki dokumen penting semua personel polisi seluruh Indonesia berformat CSV yang dibobol pada September 2022. Totalnya mencapai 26.263.105 dokumen.


Data yang diklaim bocor (compromised data) berupa pangkat, Nomor Registrasi Pokok (NRP), nama lengkap, jabatan, foto, daerah, email, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor telepon, dan lainnya.


Dia mengunggah beberapa sampel data bocor yang diklaimnya sebagai ‘valid data for members of the Indonesian Police.’


Beberapa nama yang dia singgung antara lain Kapolda Brigjen Pol Damianus Jackie (mendiang), Wakapolda Kombes Pol Anton Carliyan, Dirreskrimsus Kombes RZ Panca Putra, Dirreskrimum Kombes Trihadi Sutono.


Namun berdasarkan penelusuran, nama-nama itu bukanlah penjabat Ditreskrimsus Polda Metro Jaya maupun Polda Metro Jaya. Mereka menjabat di Polda Kalteng di periode 2009 hingga 2012.


Daftar nama yang diunggah Meki itu juga bisa ditemukan di situs e-book scribd.com. Daftar itu lengkap dengan nomor telepon.


Source : humaspolri 

Bareskrim Hentikan Penyelidikan Dugaan Penipuan 2 Jam Tangan Rp 77 M


Jakarta – FBINEWS 

Bareskrim Polri menghentikan penyelidikan dugaan penipuan pembelian dua unit jam Richard Mille senilai Rp 77 miliar oleh pengusaha Tony Sutrisno. Penyelidikan tersebut dihentikan karena tidak ditemukan dugaan tindak pidananya.

“Iya sudah di hentikan proses lidiknya (penyelidikannya), karena fakta dari hasil gelar perkara belum ditemukan adanya dugaan tindak pidana,” kata Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan dalam keterangannya, Jumat (23/9/2022).


“Belum ditemukan peristiwa pidananya sehingga demi kepastian hukum maka perkara tersebut dihentikan proses penyelidikannya,” sambung Whisnu.


Sebelumnya, seorang pengusaha Tony Sutrisno membeli dua jam mewah merek Richard Mille seharga Rp 77 miliar. Namun nahas, dua jam tersebut belum diterimanya hingga sekarang.


“Nilainya untuk yang Black Sapphire harganya Rp 28 miliar, Blue Sapphire Rp 49 miliar, jadi totalnya sekitar Rp 77 miliar,” kata kuasa hukum Tony Sutrisno, Royandi Haichal, dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Kamis (31/3).


Laporan itu telah dibuat pada 28 Juni 2021 yang teregister di nomor STTL/265/VIL2021/BARESKRIM. Royandi mengatakan Tony memesan kedua jam itu pada 2019 dengan sistem pre-order, dan bisa diterima pada 2021. Royandi menyebut keduanya sudah dilunasi oleh Tony, bahkan terdapat kelebihan pembayaran.


“Pak Tony sudah transfer sekitar Rp 78 miliar, jadi ada kelebihan dari harga yang sudah ditentukan,” katanya.


Selain itu, pihaknya sudah melayangkan somasi ke pihak Richard Mille sebanyak dua kali. Pada akhirnya somasi itu dijawab oleh PT Royal Mandiri Internusa.


Pimpinan PT Royal Mandiri Internusa sebagai operator butik Richard Mille Jakarta, Yullie, menepis tuduhan penipuan tersebut. Dia menegaskan tuduhan Tony atas pembelian itu menyesatkan.


Menurutnya Yullie, Tony tidak membelinya dari Richard Mille Jakarta.


“Bahwa namun demikian perlu kami sampaikan bahwa Saudara Tony Trisno tidak pernah membeli dari PT Royal Mandiri Internusa (Richard Mille Jakarta) dua jam tangan Richard Mille tipe RM 56-02 Blue Sapphire Unique Piece dan tipe RM 57-03 WG Black Sapphire Dragon,” kata Yullie dalam keterangan tertulis, Jumat (8/4).


Source: humaspolri 

Korlantas Polri Resmi Perbarui Seragam Polantas


Jakarta – FBINEWS 

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi memperbarui Pakaian Dinas Lapangan (PDL) 1 dan kendaraan dinas Polisi Lalu Lintas (Polantas). Hal tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat sekaligus melindungi petugas yang berada di lapangan.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, PDL yang baru dibuat minimalis untuk memudahkan Polantas bergerak, nyaman, dan sigap dalam mobilitas penanganan kecelakaan.

“Kami melihat perlu ada penyesuaian. Seragam PDL yang baru ini merupakan modifikasi dari seragam yang dulu,” ujar Firman Shantyabudi, di Korlantas Polri, Jumat (23/9/2022).

Firman menyebutkan, terdapat beberapa perubahan pada PDL. Antara lain atribut yang terbuat dari bordir, memiliki kaitan HT dan bodycam, serta berbahan reflector sehingga bisa terlihat dari jauh dan eye catching.

“Sebelumnya menggunakan pin logam di PDL yang bisa menyulitkan atau mengganggu pergerakan, dari sisi harga juga lebih mahal, itu menjadi salah satu pertimbangan. Sehingga, seragam ini selain memberi perlindungan juga untuk efisiensi anggaran,” ujarnya.

Dari sisi topi pet Polantas, kata Firman, perbedaan terlihat mencolok dengan penambahan Sillitoe Tartan (motif biru putih kotak-kotak). Firman mengatakan, motif Sillitoe Tartan memudahkan masyarakat mengidentifikasi personel dari jauh.

“Di pet ada background spotline di situ. Jadi bisa dilihat dari jauh apabila membutuhkan, ada polisi di sana terlihat,” imbuhnya.

Selain PDL, Firman menyebut Korlantas juga mengganti warna setrip merah menjadi putih pada mobil operasional Polantas. Menurut Firman, dengan penggunaan warna putih menyala, mobil petugas bisa terlihat dari jauh.

“Misalnya ada hambatan di jalan yang mengharuskan Polantas mengambil keputusan mengubah arus lalu lintas, warna putih memiliki arti sebagai petunjuk atau perintah yang bisa diikuti masyarakat. Dengan warna yang lebih menyala, pada cuaca buruk atau malam pun bisa memudahkan masyarakat,” jelasnya.

Firman mengatakan, pembaruan PDL 1 dan kendaraan dinas Polantas sendiri sudah disetujui oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Namun, hal tersebut perlu diiringi dengan pelayanan Polantas yang jauh lebih baik.

“Kami menyampaikan kepada Kapolri terkait seragam dan kendaraan dinas yang baru. Hal tersebut harus diikuti dengan perilaku Polantas untuk lebih humanis kepada masyarakat,” tutupnya.

Source : humaspolri 

Selamatkan Sekitar 20.000 Orang, Barang Bukti Sabu Seberat 9,9 Kilogram Dimusnahkan Polres Sleman


Yogjakarta - FBINEWS 

Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Sleman memusnahkan barang bukti narkotika golongan 1 jenis sabu seberat 9,944 kilogram yang bersumber dari jaringan internasional.

Menggunakan mesin incenerator, barang bukti yang diperoleh dari dua tersangka tersebut dilaksanakan di halaman Polres Sleman, Kamis (22/9/2022).

Wakapolres Sleman, Kompol. Andhyka Donny Hendrawan yang memimpin, mengungkapkan barang bukti sabu dengan berat 9,944 kilogram tersebut merupakan tangkapan terbesar sejak berdirinya Satuan Reserse Narkoba di Polres Sleman yang dibentuk tahun 2003.

"Dengan barang bukti 9,944 kilogram ini, tentu kita menyelematkan anak bangsa sebanyak 20.000 orang, dengan estimasi penggunaan 0,5 gram per orang," katanya.

Sementara itu, Kasat Resnarkoba Polres Sleman, AKP. Irwan menyampaikan barang bukti diamankan di Jalan Lintas Timur, Simpang Pematang Mesuji, Lampung pada tanggal 21 Juli 2022 yang lalu. Ada dua tersangka dalam pengungkapan besar tersebut. Yaitu, DJP (26) warga Lampung dan EK (24) warga Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Lanjut AKP Irwan menyampaikan dari hasil penyelidikan Polisi, barang haram yang diselundupkan dengan kemasan bungkus teh China Guan Yin tersebut dipasok dari Malaysia. Lalu masuk melalui Sumatera kemudian sasaran edarnya berada di pulau Jawa, termasuk kota Yogyakarta.

source : humaspolri 

22 Sep 2022

Polda Kalsel Musnahkan 26 kg Sabu dan 3.429 Butir Ekstasi


Banjarmasin - FBINEWS 

Direktorat Reserse Narkoba (Dit Resnarkoba) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) memusnahkan Narkotika jenis Sabu seberat 26.020,39 gram atau 26 kilogram dan Ekstasi 3.429 butir atau 1.125,53 gram, Rabu (21/09/2022) pukul 09.00 Wita. Narkotika yang dimusnahkan tersebut dari pengungkapan 41 kasus selama bulan Juli hingga September 2022.

Pemusnahan barang bukti itu berlangsung di Lapangan Apel Polda Kalsel, Banjarmasin, dengan dihadiri Diresnarkoba Polda Kalsel, Kombes Pol. Tri Wahyudi, S.I.K, M.H., Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol. Mochamad Rifa’i, S.I.K., Kabid Humas Kemenkumham Kalsel Sri Yuwono, Bc.IP., S.I.P, M.Si., Kabid Berantas BNNP Kalsel, Totok L.S, Kepala Kantor KPPBC Banjarmasin Edy Susetyo, Perwakilan Kejati Kalsel Arif R, BBPOM Banjarmasin Norsaadah dan Wasek LKBH Unlam Banjarmasin Joko Pradityo.

Disaksikan 64 tersangka, pemusnahan dilaksanakan dengan cara di blender dan di campur dengan larutan pembersih dilanjutkan pemusnahan dengan dibakar menggunakan Insinerator yang ada di RSUD Dr. H. M. Ansari Saleh.

“Pemusnahan Narkotika ini memudahkan proses penyidikan dan upaya pencegahan dan penindakan terkait penyalahgunaan Narkotika di Kalimantan Selatan,” terang Diresnarkoba Polda Kalsel, Kombes Pol. Tri Wahyudi, S.I.K, M.H.

Kombes Pol Tri Wahyudi menerangkan, Kepolisian juga telah memisahkan barang bukti Narkotika untuk kepentingan penuntutan dalam persidangan Pengadilan.

Diresnarkoba Polda Kalsel menyampaikan, Narkoba menjadi ancaman serius bagi generasi penerus, sebab Narkoba sudah merambah ke semua kalangan, bahkan tahanan rutan lebih separuh merupakan kasus Narkoba.

Ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol. Mochamad Rifa’i, S.I.K., dengan dimusnahkannya barang bukti Narkotika kali ini, Polda Kalsel telah menyelamatkan 520.400 orang dari bahaya penyalahgunaan Narkotika.

Kabid Humas Polda Kalsel berharap Provinsi Kalimantan Selatan bisa bebas dari peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, yang menyasar semua golongan, terutama pada remaja, usia sekolah dan anak anak.

“Untuk mencapai bebas penyalahgunaan dan peredaran Narkoba diperlukan keterlibatan semua pihak,” tutup Kombes Pol. Mochamad Rifa’i, S.I.K.

Source : humaspolri 

Polisi Ungkap Kasus Eksploitasi Seksual di Apartemen Jakbar, 8 Anak Jadi Korban


Jakarta - FBINEWS 
 
Polda Metro Jaya mengungkap kasus eksploitasi seksual yang dilakukan terhadap anak di bawah umur dengan menangkap dua orang tersangka, yakni muncikari berinisial EMT dan rekannya berinisial RR.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Endra Zulpan mengatakan, muncikari EMT selain mengeksploitasi korban NAT, pelaku juga mempunyai 8 korban lain. “Muncikari berinisial EMT ini sudah beroperasi sebelum 2021. Hasil pemeriksaan yang bersangkutan memiliki delapan anak asuh yang dia perjual belikan,” jelasnya, Rabu (21/9/22).

Kombes. Pol. Endra Zulpan menyebut, kedelapan remaja korban EMT disebar berpindah-pindah ke apartemen yang lain, seperti korban NAT. Sehingga ia meminta kepada para korban untuk tidak ragu melaporkan ke polisi.

“Ini pun dia atur juga tempat penempatannya di tiga apartemen, dia gilir. Demikian juga saat melayani tamu dibantu tersangka RR, dan semoga dengan adanya kasus ini membuat yang lain berani melaporkan karena tanpa laporan kita kesulitan. Sekali lagi, ini butuh kerjasama seluruh pihak,” jelas Kabidhumas.

Source: humaspolri 

21 Sep 2022

Polri Paparkan Upaya Maksimal Amankan Pelaksanaan Presidensi G20


Jakarta - FBINEWS 

Polri memaparkan upaya maksimal melakukan pengamanan untuk menyukseskan event internasional Presidensi G20 di Indonesia, dan dalam hal ini, Polri melakukan pengamanan operasi terpusat.

"Artinya operasi kepolisian yang diselenggarakan mulai dari Mabes Polri sampai ke tingkat kewilayahan di tingkat Bali, NTB yang akan dilaksanakan selama 10 hari yaitu dari tanggal 7 November-17 November," jelas Asops Kapolri, Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., Rabu (21/9/22).

Asops Kapolri menyatakan bahwa, Kepolisian menyiapkan sebanyak 5.746 personel. Namun, Polri akan tetap menyesuaikan dengan kondisi yang berkembang di lapangan. "Cadangan anggota kita yang siap sekitar 1.600 personel. Polri siapkan kendaraan khusus berupa kapal, helikopter, dan mobil pengawalan," jelasnya

Meski begitu, Asops Kapolri mengatakan, Polri tetap bersinergi dengan pihak TNI, Paspampres, BNPB, Basarnas dan stakeholder lainnya. "Sesuai dengan arahan (Panitia) bahwa KTT Presidensi G20 mendorong penyelenggaraan yang ramah lingkungan sehingga semua kendaraan yang digunakan adalah kendaraan listrik," terang Asops Kapolri.

Asops Kapolri menjelaskan bahwa pengamanan dan pengawalan itu dilakukan untuk memastikan kedatangan Presiden atau delegasi lainnya untuk menghindari potensi adanya gangguan mulai dari bandara, jalur dan area hotel, serta lokasi berlangsungnya KTT Presidensi G20 dengan merujuk kepada protokol dan prosedur pengamanan internasional.

"Kita melakukan pemetaan titik-titik yang menjadi fokus pengamanan Polri, dibagi dalam 5 kawasan: Seminyak, Jimbaran, Sanur, Nusa Dua Utara, dan Nusa Dua Selatan. Diprioritaskan karena semua kegiatan delegasi maupun presiden akan berlangsung di sana," jelas mantan Kapolda Riau.

Lebih dalam, Polisi juga akan menyiapkan strategi rekayasa di 10 ruas jalan. Bahkan, disiapkan 4.600 CCTV yang sudah terkoneksi ditambah 1.500 body worn untuk semua petugas yang ada di lapangan. "Kita menyiapkan perlengkapan yang kita butuhkan mulai dari checkdoor, X-Ray, kendaraan, kemudian kendaraan khusus untuk penanganan-penanganan khusus, demikian juga sampai ke kapal dan helikopter serta kendaraan pengawalan," jelas Jenderal Bintang Dua tersebut.

Kemudian, Polisi juga mengantisipasi hal-hal yang kemungkinan bisa terjadi seperti bencana alam dan ancaman yang tidak nampak seperti serangan siber dan sebagainya. "Ini tentu sudah disiapkan Satgas untuk menanggani" jelas Asops Kapolri.

Source : humaspolri 

Polri Siap Bantu Pemerintah Kawal Stabilitas Keamanan Dalam Negeri


Jakarta - FBINEWS 

Polri siap membantu mewujudkan stabilitas keamanan dalam negeri guna mengawal program-program pemerintah yang dipimpin Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dan Wakil Presiden RI, Prof. Dr. (HC.) K. H. Ma'ruf Amin.

Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Wakapolri, Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono saat acara Seminar Sekolah Sespimti Dikreg ke-31 dan Sespimen Dikreg ke 62 TA 2022 di Gedung The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (21/09/22).

“Polri sebagai pengemban fungsi pemerintahan di bidang keamanan dalam kondisi siap, berkomitmen penuh dalam situasi internal yang sangat solid serta bersinergi kuat untuk  stabilitas keamanan," terang Jenderal Bintang Tiga.

Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono mengatakan Polri membutuhkan legitimasi dan kepercayaan publik untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok dalam kamtibmas, penegakkan hukum, dan perlindungan pengayom masyarakat.

Wakapolri mengklaim kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J yang menyeret sejumlah perwira polisi telah diusut tuntas.

"Dibuka apa adanya, tidak ada ditutupi, dan transparan ke publik sebagaimana arahan dari Bapak Presiden Indonesia,” tegas lulusan Akabri tahun 1988.

memastikan semua tersebut merupakan sejalan dengan menuju program transparansi Polri yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan (Presisi).

Mantan Kapolda Metro Jaya tersebut mengatakan hasil survei, beberapa waktu lalu menunjukkan tingkat kepercayaan publik terhadap Polri mencapai 70 persen sebagai lembaga hukum.

"Ini menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi Polri untuk melaksanakan tugas pokok dengan semakin profesional serta menjawab tuntutan publik, sehingga dapat terus meningkatkan kepercayaan publik kepada Polri," tutur Komjen Pol. Gator Eddy Prabowo.

Menurut Jenderal Bintang Tiga bahwa, untuk menggaet kepercayaan publik membutuhkan integritas kepemimpinan dan reformasi budaya organisasi.

Sebab integritas kepimpinan merupakan indikator kuat mereformasi budaya organisasi.

"Sehingga, seluruh anggota polisi dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Reformasi budaya harus dimulai dari kepalanya baru menjalar ke ekornya," tutup Wakapolri.

Source : humaspolri 

Gerebek Kontrakan di Ciputat Polisi Berhasil menyita 15 Kilogram Sabu

Jakarta - FBINEWS 


Polda Metro Jaya mengagalkan upaya peredaran narkoba jenis sabu jaringan internasional. Modus penyeludupan sabu pakai mobil mewah ada kurir yang diamankan berikut barang bukti total puluhan kilogram.

“Dari rumah kontrakan di daerah Ciputat, kami menemukan sabu 15 kilo,” kata Kasubdit 1 Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Fery Nur Abdulah, S.H., SIK., M.H.

Sebelum ke rumah kontrakan di Ciputat, Kota Tangerang Selatan, polisi mengamankan kurir berinisial I alias Syafrudin. Kurir itu disergap saat transaksi di daerah Daan Mogot, Jakarta Barat.

AKBP Fery Nur Abdulah, S.H., SIK., M.H., menjelaskan bahwa jajarannya menyita koper berisi 22 kilogram sabu. I transaksi dengan AD, kurir lainnya mengangkut sabu pakai mobil mewah jenis Villfire.

I mengaku hanya bertugas mengantarkan sabu atas suruhan bos warga negara Malaysia. Bandar sabu mengarahkan antar sabu dari Medan ke Jakarta.

“Jadi saya enggak tau siapa yang nyuruh dan siapa yang nerima sabu. Pokoknya saya taunya cuma naro,” jelas I.

AD mengaku telah mendapatkan upah uang sebagai kurir senilai Rp 10 juta.

“Saya udah dapat tunai istilahnya dipinjemin duit Rp 10 juta,” jelasnya.

Source : humaspolri 

KemenPPPA Minta Penanganan Kasus Kekerasan Seksual Anak di Hutan Kota Jakarta Utara Tetap Perhatikan Hak Korban


Jakarta - FBINEWS 

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) mendorong agar penanganan kasus kekerasan seksual terhadap seorang korban anak perempuan (13) di Hutan Kota di Jakarta Utara, dengan terduga pelaku empat Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) yang berusia 12-14 tahun tetap memperhatikan prinsip kepentingan terbaik bagi anak, baik anak sebagai korban maupun anak sebagai pelaku.

“Kemen PPPA mengecam dan tidak menolerir segala bentuk kekerasan seksual terhadap anak. Anak yang telah menjadi korban kekerasan seksual sebagaimana dimaksud dalam UU No. 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) memiliki hak atas penanganan, pelindungan, dan pemulihan yang didapatkan, digunakan, dan dinikmati oleh korban seperti restitusi dan layanan pemulihan, rehabilitasi, dan reintegrasi sosial. Selanjutnya, pelaku yang diduga masih berusia anak juga perlu mendapat perlindungan dan penanganan proses hukum sesuai UU No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak termasuk mempertimbangkan penempatan ABH di LPKS (Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial) atau LPAS (Lembaga Penempatan Anak Sementara) selama penanganan perkara berlangsung, atau LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak) jika perkara sudah ada putusan Hakim yang tetap.” kata Nahar, Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA, di Jakarta, pada Selasa (20/9).

Kronologi kasus bermula saat korban pulang sekolah dan bertemu dengan keempat ABH di Hutan Kota, Jakarta Utara pada 1 September 2022. Salah satu ABH memeluk korban dan menanyakan apakah korban mau menjadi kekasihnya, namun korban menolak. Esok harinya, keempat pelaku yang sudah mengincar korban, kembali bertemu korban saat pulang sekolah. Saat itulah, keempat ABH melakukan tindakan pemerkosaan terhadap korban. Akibat tindakan tersebut, terduga pelaku dapat dikenakan Pasal 81 ayat (1) dan (3) UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Perpu Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, yang ancaman maksimalnya berupa pidana penjara 15 tahun, dan sesuai pasal 79 ayat (2) UU No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dapat ditetapkan pada anak paling lama 7,5 tahun penjara atau paling lama ½ dari maksimum pidana penjara yang diancamkan terhadap orang dewasa.

Kemen PPPA melalui Tim SAPA telah melakukan koordinasi dengan UPT P2TP2A Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan pendampingan terhadap korban. Saat ini keempat ABH ditempatkan di LPKS Handayani Jakarta.

“Sebagai bentuk empati dan kepedulian terhadap korban, Kemen PPPA melalui Tim SAPA terus berkoordinasi dengan UPT P2TP2A DKI Jakarta untuk memantau perkembangan kasus, memastikan pendampingan dan pemulihan korban, serta mengawal proses hukumnya.” kata Nahar.

Hutan kota sebagai area publik, jika tanpa pengawasan, akan beresiko menjadi tempat yang rentan terjadinya kekerasan terhadap anak dan perempuan. Untuk itu, sebagai upaya mencegah tidak berulangnya tindak kekerasan seksual maupun kekerasan lainnya, Nahar mendorong pemerintah daerah dapat memastikan tersedianya fasilitas umum yang ramah anak dengan menguatkan kebijakan, menggagas Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA), Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) dan Zona Selamat Sekolah (ZoSS), termasuk menyiapkan petugas untuk melakukan patroli keliling pada jam-jam operasional di fasilitas umum.

Source: kemenpppa 

20 Sep 2022

Kapolri Beri Penghormatan Terakhir di Pemakaman Ketua Dewan Pers


Jakarta – FBINEWS 

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan penghormatan terakhir kepada untuk almarhum Azyumardi Azra, Ketua Dewan Pers. Jenazah Azyumardi Azra dimakamkan hari ini di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Diketahui prosesi pemakaman Azyumardi Azra dilakukan secara militer. Proses upacara pemakaman Azyumardi dimulai sekitar pukul 08.52 WIB pada Selasa (20/9/2022).

Dalam penghormatan tersebut, Sigit berdiri meninggalkan barang yang dipegang. Suasana khidmat sangat terasa di lokasi disemayamkannya para pahlawan bangsa itu.

Setelah meninggalkan barang yang dipegang, Sigit pun melakukan sikap hormat di hadapan pemakaman. Para pelayat lain juga melakukan hal yang sama.

Di samping Sigit, sejumlah tokoh, keluarga, dan kerabat hadir di pemakaman mendiang Ketua Dewan Pers itu. Semuanya memberikan penghormatan terakhir sebelum pemakaman.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy terlihat di lokasi sebagai inspektur upacara pemakaman. Pembawa acara kemudian menyampaikan riwayat hidup dari Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra. Inspektur upacara lantas membacakan apel Persada.

“Saya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy atas nama negara bangsa dan Tentara Negara Indonesia dengan ini mempersembahkan kepada persada Ibu Pertiwi jiwa dan raga almarhum,” kata Muhadjir di lokasi.

Seperti diketahui, Azyumardi Azra meninggal dunia di rumah sakit di Malaysia, Minggu siang waktu setempat. Azyumardi berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

Kepergian Azyumardi Azra meninggalkan duka mendalam bagi sejumlah kalangan. Azyumardi dikenang sebagai sosok cendekiawan muslim yang sederhana dan kaliber dunia.


Source : humaspolri 

Alamat Redaksi : JL. Bekasi Barat Raya NO 21 Jakarta Timur email : fbinewsoke@gmail.com Website : www.fbinews.net Wartawan Media FBINews Dalam Menjalankan tugas, dibekali Press card Identity yang masih berlaku dan Surat Tugas, serta Namanya tercantum di website Fbinews.net dalam Susunan Redaksi. Laporkan segera segala bentuk dan tindakan melanggar Hukum dan Melanggar kode etik Jurnalist

    FBINEWS JATIM