18 Mei 2022

Bareskrim Kirim Surat Pencekalan 5 Tersangka Kasus Fahrenheit ke Imigrasi


 
Jakarta - FBINEWS

Bareskrim Polri mengirim surat pencekalan lima tersangka kasus penipuan perdagangan robot berkedok Fahrenheit kepada Direktorat Jenderal I Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).


Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan, pencekalan dilakukan untuk melengkapi syarat administrasi penerbitan red notice yang diwajibkan International Criminal Police Organization (Interpol).

"Penyidik ​​sudah kirim cekal ke Imigrasi sebagai salah satu kelengkapan administrasi permintaan red notice," kata Gatot dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Kelima tersangka yang menjadi buronan polisi itu adalah HA, FM, WR, BY dan HD yang terlupakan petinggi robot trading tersebut. Saat ini, penyidik ​​tengah merampungkan administrasi penerbitan daftar pencarian orang (DPO).

Bila semua syarat telah lengkap, kata Gatot, penyidik ​​akan mengajukan permohonan penerbitan red notice kepada Interpol. Permohonan itu akan disampaikan melalui Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri.

"Setelahnya baru surat ke Divihubinter untuk red noticenya," tutur Gatot.

Sebagai informasi, penerbitan red notice merupakan langkah Bareskrim Polri untuk menangkap lima buronan kasus robot trading Fahrenheit. Pasalnya, kelima buronan itu terlupakan berada di luar negeri.

Tercatat terdapat 10 tersangka dalam kasus itu. Lima orang sudah ditangkap dan ditahan, yakni bos Fahrenheit Hendry Susanto, dan empat lainnya, yaitu D, ILJ, DBC, dan MF.

Adapun Bareskrim Polri mencatat 550 orang menjadi korban kasus robot trading Fahrenheit. Jumlah kerugiannya mencapai Rp 480 miliar
@DIVHUMPOL

Polri Kebut Kelengkapan Berkas Perkara Indra Kenz Yang Dikembalikan Kejaksaan


 
Jakarta - Fbinews

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengebut kelengkapan berkas perkara tersangka kasus  Binomo dengan tersangka Indra Kenz. Berkas dinyatakan belum lengkap oleu Kejaksaan.


Kami fokus dengan penyelesaian berkas perkara (Indra Kenz)," kata Kasubdit II Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Candra Sukma Kumara dalam keterangannya, Rabu (18/5/2022).

Lebih lanjut, Candra menyebut berkas perkara Indra dikembalikan ke penyidik ​​sebelum lebaran kemarin atau akhir April. Dia mengatakan itu akan melimpahkan kembali pada pertengahan bulan ini.

"Rencana pertengahan Mei ini kami kirim kembali," ujarnya.

Selain itu, pemindahan mobil Ferrari Indra Kenz dari Medan ke Jakarta dilakukan untuk melengkapi berkas perkara. Penjemputan mobil itu dilakukan penyidik ​​kemarin dan diperkirakan tiba di Jakarta pada Sabtu (21/5).

"Belum, perkiraan kalau cuaca bagus sampai (di Jakarta) Sabtu," tuturnya.

Sebelumnya, Jaksa Agung Muda bidang Pidana Umum (Jampidum) menyatakan berkas tersangka Doni Salmanan dan Indra Kenz belum lengkap. Jaksa mengembalikan lagi berkas kedua tersangka ke Bareskrim Polri.

"Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum) mengembalikan berkas perkara dalam dugaan tindak pidana judi online dan penyebaran berita bohong (Hoax) melalui media elektronik," tuturnya.

"Dan atau penipuan/perbuatan curang dan atau tindak pidana pencucian uang atas nama Tersangka IK (indra Kenz) kepada penyidik ​​Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI (Bareskrim Polri)," kata Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana, dalam keterangan tertulis, Kamis (12/5).
@DIVHUMPOL
@PMJ

VAKSINASI DI PUSKESMAS DLANGGU, MASYARAKAT WAJIB TERAPKAN POLA HIDUP SEHAT


 

Mojokerto - Fbinews


Kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jawa Timur bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto kembali dilaksanakan di Puskesmas Dlanggu, Jalan Yon Joko Tole 47, Desa Dlanggu, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto pada Rabu (18/5/2022). 


Pelayanan ini terus disediakan pemerintah agar masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan vaksinasi. 


"Memang saat ini perkembangan penularan covid-19 sudah melandai. Namun masyarakat tidak boleh lengah. Harus selalu waspada. Tetap berhati-hati. Tetap menjaga imunitas tubuh. Salah satunya adalah dengan program vaksinasi. Yang sudah waktunya vaksinasi segera untuk mengikuti vaksinasi. Karena dengan vaksinasi  daya imun tubuh yang mulai melemah akan dirangsang kembali untuk meningkat, sehingga akan terhindar dari dampak parah oleh covid." kata Musti Agen BIN Mojokerto.


Vaksin yang terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan lalu disuntikkan ke dalam manusia, akan merangsang timbulnya imunitas atau daya tahan tubuh seseorang. Hal ini akan mengurangi resiko terjadinya penularan. Tubuh seseorang yang telah mendapatkan suntikkan vaksin, akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan itu. Dengan demikian, tubuh akan mengenali virus dan mengurangi dari resiko terpapar.


Nurul (45) warga Dlanggu mengatakan, "Alhamdulillah kalau saat ini wabah covid sudah menurun. Supaya kehidupan masyarakat semakin normal. Dari kejadian musibah covid ini kita bisa mengambil hikmah bahwa kita harus menerapkan pola hidup bersih. Selalu hati-hati. Walau sakit masih bisa sembuh, tentu masih lebih baik bila kita tidak sakit. Jadi menjaga kesehatan itu penting, supaya tidak sakit. Makanya sekarang saya waktunya vaksin, ya ikut vaksin. Ini dari kesadaran saya sendiri karena ingin tetap sehat."



(Agus Buyut)

Redaktur : Fuad Abdullah

12 Mei 2022

Polri Bantu Awasi Penyebaran Wabah PMK


 
Jakarta - FBINEWS


Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa persiapan telah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam rangka melakukan pendampingan serta penanganan terkait penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak sapi.


Dengan begitu, dinas-dinas di daerah sebagai sektor unggulan terkait dengan adanya penyakit itu, kata Sigit, dapat melakukan koordinasi dengan kepolisian setempat dalam rangka pengawasan agar tidak terjadinya penyebaran penyakit tersebut ke luar wilayah temuan.


"Polri akan mengawasi dengan dinas-dinas di daerah untuk membantu mengawasi penanganan penyakit tersebut agar tidak terjadi pergeseran ke luar dari wilayah temuan," kata Sigit dalam tertulisnya kepada awak media, Jakarta, Rabu (11/5/2022).


Mantan Kabareskrim Polri ini menyatakan, dengan adanya sinergitas antara dinas peternakan dan jajaran Polri di setiap wilayah, dapat melacak dan mengecek untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut pada hewan ternak lainnya.


"Sehingga penyakit tersebut bisa kita bantu lokalisir dan tidak meluas dengan bantuan penjagaan dan pengawasan," ujar eks Kapolda Banten itu.


Lebih dalam, Sigit menyatakan bahwa, siap untuk mendukung langkah Kementan melakukan upaya lockdown sebagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut.


Pihak Kepolisian, dikatakan Sigit, juga akan ikut membantu melakukan pengecekan ketat terhadap proses perdagangan hewan ternak dengan merujuk dari hasil pemeriksaan dokter hewan dari Balai Karantina Dinas Pertanian dan Peternakan.


"Melakukan pengawasan dengan cara penyekatan perdagangan hewan keluar atau masuk pada wilayah tersebut yang mengacu pada dokumen hasil pemeriksaan dokter hewan dari Balai Karantina Dinas Pertanian dan Peternakan," papar Sigit.


Sementara itu, Sigit juga telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Satgas Pangan Polri untuk turun ke lapangan memastikan ketersediaan stok pangan hewan ternak serta melakukan pengendalian harga dipasaran.


Dalam hal ini, Sigit mengungkapkan, Kepolisian bersama dengan dinas www juga sudah melakukan pendataan untuk menentukan luas penyebaran serta jumlah ternak yang mungkin tertular penyakit PMK.


Tak hanya itu, Sigit menyebut, dinas peternakan juga telah menyiapkan vaksinasi serta obat-obatan untuk diberikan kepada hewan ternak setelah adanya temuan tersebut.


Lebih lanjut, Sigit pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik terkait dengan adanya laporan temuan penyakit itu. Menurutnya, semua pihak terkait telah bekerja secara maksimal untuk menangani hal tersebut.


"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tenang terkait adanya laporan temuan ini," tutup Sigit.


berikut, temuan penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternak sapi ini dilaporkan pertama kali terjadi di Gresik, Sidoarjo, Mojokerto dan Lamongan.


Pihak Kementerian Pertanian (Kementan) pun telah menyiapkan langkah antisipatif untuk melakukan pencegahan setelah adanya laporan temuan terhadap hewan ternak tersebut.

@DIVHUMPOL

11 Mei 2022

Polri Duga Kuat 3 Dari 5 WNI Fasilitator Keuangan ISIS Ada Di Suriah



Jakarta - FBINEWS

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menduga kuat tiga dari lima WNI fasilitator ISIS berada di Suriah. Hal ini merupakan tindak lanjut laporan Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC) Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) yang menyatakan ada lima orang terafiliasi ISIS asal Indonesia.


"Dua perempuan Dwi Dahlia Susanti dan Dini Ramadani diyakini diyakini kuat saat ini berada di Suriah, diketahui dari dokumen perjalanan. Satu lagi Muhammad Dandi Adiguna, berdasarkan keterangan ayahnya ada di luar negeri juga di Suriah," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya , Rabu (11/5/2022).


Dedi mengatakan, dua lainnya, yakni Ari Kardian dan Rudi Heriadi, pernah disanksi hukum di Indonesia. Ari disanksi lantararan pernah memfasilitasi pengiriman orang ke Suriah, sementara Rudi divonis 3,5 tahun karena deportan dari Suriah.


"Yang hukum hukum di Indonesia oleh Densus 88. Ari Kardian bebas kasusnya memfasilitasi pengiriman orang ke Suriah. Ari dua kali hukum hukum pertama dan kedua, 3 tahun," tuturnya.


"Rudi Heriadi tahun 2019 vonis 3 tahun 6 bulan baru bebas, karena deportan dari Suriah," sambung Dedi.


Sebelumnya, OFAC Departemen Keuangan AS mengumumkan 5 nama fasilitator keuangan ISIS yang beroperasi di seluruh Indonesia, Suriah, dan Turki. Lima fasilitator keuangan ISIS itu disebut memainkan peran kunci dalam memfasilitasi perjalanan ekstremis ke Suriah dan daerah lain tempat ISIS beroperasi.


Nama 5 WNI dan peran fasilitator ISIS tersebut tercantum dalam situs resmi Departemen Keuangan AS. AS menyatakan jaringan kelima orang itu juga telah melakukan transfer keuangan untuk mendukung upaya ISIS di kamp-kamp pengungsi yang berbasis di Suriah dengan mengumpulkan dana di Indonesia dan Turki.

@DIVHUMPOL

Kombes Rinny Shirley, Polwan Pertama yang Sandang Doktor Psikologi

 


Jakarta - FBINEWS


Kombes Pol Rinny Shirley Theresia Wowor atau dikenal Rinny Wowor adalah polwan pertama yang menyandang gelar program doktor Psikologi dari Universitas Indonesia (UI). Rinny merupakan istri Irjen Pol Yazid Fanani, Kepala STIK-PTIK.


Di korps Bhayangkara, Rinny Pamen Baintelkam Polri (Penugasan pada BIN) sejak 2 September 2019. Jebolan Seba Polwan 1988 dan Setukpa 1997 ini berpengalaman di bidang Psikologi. Jabatan terakhirnya adalah Kasubbag Litpsi Bagpsipol Biro Psikologi SSDM Polri.


Pencapaian gelar doktor yang diraih Rinny berkat disertasi berjudul 'Budaya Senjang Kekuasaan, Rasa Percaya dan Unjuk Kerja: Analisis Mediasi Termoderasi Pengaruh Kepemimpinan Melayani dan Komitmen Afektif Terhadap Unjuk Kerja Petugas Pemolisian Komunitas'.


Menurut Rinny, penelitiannya mampu memberikan kontribusi yang cukup besar dari Polri. Selama Polri tetaplah pencegahan kejahatan atau pencegahan tentu penting dalam komunitas pemolisian.


"Tidak hanya komitmen dari pelaksana komunitas pemolisian, tapi juga pemimpinnya harus lebih melakukan tugas sebagai pelayanan seperti kepemimpinan yang didukung oleh rasa percaya anggota kepada pemimpinnya. Bila anggota polisi sudah bagus, maka akan memberikan kontribusi kepada masyarakat," ujar Rinny dari berbagai sumber. .


Rinny pun mengungkapkan alasan melanjutkan pendidikan hingga meraih predikat polwan pertama doktor psikologi. Pasalnya, saat itu dia bekerja di Biro Psikologi Polri.


Selain menambah keilmuan tentang, belum adanya doktor psikologi yang dimiliki Polri menjadi alasan kuat untuk menempuh pendidikan hingga jenjang S3.


Adapun riwayat jabatan Rinny Wowor antara lain Pama Dispsi Polri (1998), Psikolog Pratama 1 Ropsi Polri (2002), Kaur Bag Psipol (2010), dan Kasubbaglekpsi Bagpsipers Ro Psi SSDM Polri (2014).


Kemudian Kasubbag Litpsi Bagpsipol Biro Psikologi SSDM Polri (2018) dan saat ini sebagai Pama Baintelkam Polri (2019).


Rinny Wowor bersama Brigjen Pol Dr Juansih, Kombes Pol Dr Sumy Hastry Purwanti, Kombes Pol Dr Rosmita Rustam, dan Kombes Pol Dr Sulastiana juga pernah menulis buku berjudul Polwan Untuk Negeri: Bunga Rampai Pemikiran dan Pengalaman yang Menginspirasi (2020).

@DIVHUMPOL

10 Mei 2022

Polri Pastikan Arus Lalu Lintas Dari Kalikangkung Hingga Cikampek Ramai Lancar



Jakarta – FBINEWS


Polri memastikan bahwa arus lalu lintas (lalin) mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah, hingga Tol Cikampek, Jawa Barat, terpantau semakin lancar. Hal itu hasil Pemantauan hingga siang hari ini pukul 12.00 WIB.


"Ruas Tol Kalikangkung KM 414 sampai dengan Tol Palimanan KM 188, Tol GT Cikampek KM 70 dan KM 47 Rol Cikampek Arah Jakarta dan Jawa menggunakan lajur atau ruas tol secara normal arus lalu lintas lancar," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan , Jakarta, Senin (9/5/2022).


Dedi merincikan, siang ini arus lalin di Tol Kalikangkung KM 414 dalam keadaan lancar. Sementara itu, Tol Palimanan KM 188 hingga KM 66 juga dalam situasi lancar. Di Tol Cikampek, arus lalu lintas dalam kondisi ramai lancar.


"Perkiraan waktu tempuh dari tol kalikangkung, Palimanan, Cikampek adalah 5 jam 10 menit," ujar Dedi.


Sementara itu, Dedi menyebut, untuk hari ini, sudah tidak diterapkan lagi strategi rekayasa lalu lintas (Lalin) di jalan tol saat arus mudik dan balik Lebaran 2022.


"Tidak diterapkan one way dam contraflow," ucap Dedi.


Disisi lain, Dedi mengungkapkan, situasi arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Trans Jawa saat ini volume dalam keadaan normal serta tidak mengalami kemacetan serta

@DIVHUMPOL

9 Mei 2022

Polri Pastikan Arus Lalu Lintas Dari Kalikangkung Hingga Cikampek Ramai Lancar

 


Jakarta - FBINEWS


Polri memastikan bahwa arus lalu lintas (lalin) mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah, hingga Tol Cikampek, Jawa Barat, terpantau semakin lancar. Hal itu hasil Pemantauan hingga siang hari ini pukul 12.00 WIB.


"Ruas Tol Kalikangkung KM 414 sampai dengan Tol Palimanan KM 188, Tol GT Cikampek KM 70 dan KM 47 Rol Cikampek Arah Jakarta dan Jawa menggunakan lajur atau ruas tol secara normal arus lalu lintas lancar," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan , Jakarta, Senin (9/5/2022).


Dedi merincikan, siang ini arus lalin di Tol Kalikangkung KM 414 dalam keadaan lancar. Sementara itu, Tol Palimanan KM 188 hingga KM 66 juga dalam situasi lancar. Di Tol Cikampek, arus lalu lintas dalam kondisi ramai lancar.


"Perkiraan waktu tempuh dari tol kalikangkung, Palimanan, Cikampek adalah 5 jam 10 menit," ujar Dedi.


Sementara itu, Dedi menyebut, untuk hari ini, sudah tidak diterapkan lagi strategi rekayasa lalu lintas (lalin) di jalan tol saat arus mudik dan balik Lebaran 2022.


"Tidak diterapkan one way dam contraflow," ucap Dedi.


Disisi lain, Dedi mengungkapkan, situasi arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Trans Jawa saat volume dalam keadaan normal serta tidak mengalami kemacetan serta kepadatan.

@DIVHUMPOLRI

Kakorlantas Tutup Skema Gage dan Operasi Satu Arah Ketupat 2022 : Angka Kecelakaan Menurun Drastis

 



JAKARTA - FBINEWS

Korlantas Polri merancang rekayasa lalu lintas satu arah dan ganjil genap saat arus balik mudik lebaran 2022 dari Tol Kalikangkung sampai Tol Jakarta-Cikampek.


Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, mengatakan kebijakan ini diambil setelah melihat kondisi lalu lintas saat arus balik yang sudah mulai lancar.


"Kami melaporkan kepada pimpinan bahwa kami akan menutup penerapan ganjil-genap yang sudah kami sejak tanggal 5, kemudian diperpanjang sampai tanggal 6," kata Firman di KM 29 tol Jakarta-Cikampek, Senin (9/5/2022) dini hari .


"Ini juga sekaligus menandakan bahwa jam 00.30 WIB tadi pagi, kami memastikan dengan rombongan menyisir jalan dari arah Jakarta KM 70 ini, kantor yang juga penuh sejarah tempat kami terus berkoordinasi untuk ini dari jam ke jam menyatukan masyarakat yang akan balik," sambung dia.


Pada kesempatan ini, Firman juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi aktif masyarakat selama mudik dan balik. Menurut dia, peran aktif masyarakat membuat sukses pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.


"Sebagai indikator bahwa suksesnya operasi ini juga adalah karena peran serta seluruh masyarakat yang terus memberikan masukan kepada kami selama melayani kegiatan ini," ujarnya.


Menurut Firman, selama operasi ini, berusaha berupaya maksimal. Selain itu, Polri akan terus melakukan evaluasi jika ada hal yang terkait pelaksanaan pengamanan mudik lebaran tahun ini.


"Alhamdulillah semuanya bisa kita selesaikan dengan baik. Tentu saja masih ada catatan-catatan yang akan kita buat sebagai bahan evaluasi ke depan," tuturnya.


Sementara berdasarkan data, Firman menyebut, angka kecelakaan pada operasi ketupat 2022 mengalami penurunan 31 persen. Hal itu jika dibandingkan musim mudik dan balik lebaran 2019 periode sebelum pandemi covid-19.


"Fatalitas juga menurun, Inilah yang kami harapkan ,semoga lancar  bersilahturahmi, kecelakaan turun, fatalitas juga turun dan moga-moga covidnya juga tidak dibawa pulang kembali ke Jakarta," terangnya.


Sebelumnya, Kabagops Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi, meminta jajaran Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Barat, hingga Polda Metro Jaya bersiap untuk melakukan penormalan rekayasa lalu lintas arah tol Kalikangkung KM 414 Semarang sampai Tol Jakarta-Cikampek dan sebaliknya.


Eddy juga meminta jajaran yang mempersiapkan untuk mempersiapkan normalisasi rekayasa lalin, dan sebagainya

@DIVHUMPOL

Polri Gelar Lomba Kreasi Setapak Perubahan dan Festival Musik


 
Jakarta - FBINEWS

Mabes Polri menggelar lomba kreasi ' Setapak Perubahan Polri ' dan ' Festival Musik Bhayangkara ' yang dimulai sejak bulan April hingga Juni 2022.


Kepala Divisi Humas Polri Irjen. Pol. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., MM, menjelaskan, lomba kreasi dan festival tersebut dilaksanakan untuk memberikan ruang kepada masyarakat menyampaikan atau menyalurkan ekspresi maupun aspirasinya.


"Oleh sebab itu, Polri Divisi Humas Polri serta Humas Polda di seluruh Indonesia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya melalui Setapak Perubahan Polri dan Festival Musik Bhayangkara," kata Irjen Dedi Prasetyo di Jakarta, Minggu (8/5/2022) .




Dalam menyampaikan aspirasi masyarakat, Polri sebelumnya telah sukses menggelar lomba mural dan lomba orasi unjuk rasa. Dengan masih tingginya antusias warga menyampaikan aspirasi, Polri kembali menggelar kegiatan kreasi dan festival musik tersebut.


Menurut Kadiv Humas Polri, lomba kreasi Setapak Perubahan Polri sendiri terinspirasi dari buku yang digagas oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dengan judul ' Setapak Perubahan '.


"Dalam buku 'Setapak Perubahan' Polri yang memandang bahwa lomba sebahai wadah aspirasi tersebut menunjukan bahwa kepedulian masyarakat terhadap Polri. Suara masyarakat harus didengar. Masyarakat adalah konsumen layanan Polri sekaligus mitra penting Polri dalam mewujudkan keamanan,"


Lomba kreasi itu nantinya bisa dalam bentuk Blog, Film Pendek, Vlog, TikTok, Konten Infografis, dan Fotografi. Adapun subtema lomba tersebut antara lain Sinergitas TNI-Polri, Layanan Masyarakat, Polri Makin Digital, Perhatian Polri kepada Kelompok Rentan dan Disabel Restorative Justice, E-Tilang, Upaya Penanganan Covid -19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Pelayanan Pengaduan Online




"Para peserta dapat menuangkan ide dan kreasinya sesuai dengan bidang yang dikuasainya," ucap Dedi.


Sementara, festival musik Bhayangkara merupakan acara untuk menampung aspirasi melalui seni musik, mulai dari ide yang dibangun hingga orkestrasi vokal dan semua alat musik untuk menyampaikan pesan atau aspirasi.


Terkait kegiatan ini, promosi dan registrasi peserta dimulai sejak 11 April hingga 29 Mei 2022. Lalu, dari 10 karya terbaik yang ditentukan oleh pemenang 1, 2 dan 3 masing-masing kategori, pada 7 sampai 15 Juni 2022.


, karya peserta dikurasi hingga 10 karya terbaik pada 30 Mei sampai 5 Juni 2022. Dan, hasil karya pemenang pada tanggal 18 Juni 2022.

@DivHumPolri

7 Mei 2022

Kapolri Pastikan Arus Balik Satu Arah di Jalan Tol Berjalan Lancar



JAKARTA - FBINEWS

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan, skema one way dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 hingga KM 47 Tol Jakarta Cikampek berjalan lancar. Selain itu, Sigit menyampaikan skema contraflow juga lancar.

"Kita lihat dari mulai KM 70 ke KM 47 diberlakukan satu arah kemudian 47 sampai 28 diberlakukan contra flow kita melihat seluruh perjalanan lancar," kata Sigit di Posko Terpadu KM 3+500, Jumat (6/5/2022).

Sigit menambahkan, dari titik pemberlakuan skema one way hingga KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama hanya membutuhkan waktu tiga sampai empat jam. Adapun alasan pemberlakuan skema one way guna mengatisipasi peningkatan volume kendaraan.

"Dari parameter dan indikator yang ada angka kepadatan sudah meningkat di atas 3.700 bahkan 2 jam di atas 5.000 maka one way terus dilakukan," tuturnya.

Sigit pun meminta seluruh jajarannya untuk melaksanakan rekayasa lalu lintas arus balik lebaran dengan maksimal. Mantan Kepala Bareskrim tersebut memastikan Polri menciptakan arus balik yang nyaman.

"Dalam waktu lama dipastikan pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini berjalan dengan optimal. Ikuti segala perkembangan yang ada. Selamat menciptakan, ciptakan arus balik yang aman dan lancar bagi seluruh masyarakat," kata Kapolri.

Sebelumnya, Polri telah melaksanakan rekayasa lalu lintas satu arah dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai Ruas Tol Cikampek KM 47. Pelaksanaan skema satu cara tersebut dimulai pada pukul 14.00 WIB.

"Polri sudah bisa menjalankan satu arah pada jam 12.00 WIB dari KM 414 sampai KM 47. Adapun pelaksanaan One Way tersebut akan dimulai pada jam 14.00 WIB," kata Kabag Ops Korps Lalu Lintas Polri, Kombes Eddi Junaedi.

Selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2022, Polri melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Mulai skema satu arah, ganjil genap, hingga contraflow di ruas jalan Tol Cikampek hingga Kalikangkung.

@HUMASPOLRI

6 Mei 2022

Pulang ke Jakarta, Polda Metro Imbau Pemudik Tak Pilih GT Tol Halim


FBINEWS


Polda Metro Jaya mengimbau para pemudik yang akan pulang dengan tujuan ke wilayah Jakarta, Tangerang hingga Bekasi tidak hanya memilih gerbang tol (GT) Halim sebagai pintu keluar saat arus balik nanti.


Khusus untuk masyarakat yang kediamannya berada di sekitar Cimanggis, Cinere, Kramat Jati atau daerah Jakarta Selatan lainnya bisa memilih Tol Cikunir dan JOR


"Dia bisa keluar melalui tol itu, termasuk yang rumahnya di BSD, Bintaro dan Alam Sutera, bisa menggunakan tol JORR," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis (5/5/2022)


Begitu juga dengan warga yang rumahnya di daerah Jakarta Utara seperti Tanjung Priok dan Cempaka Putih bisa mengambil arah ke Cilincing untuk masuk ke Tol Tanjung Prio


"Nanti dia bisa turun ke Cempaka Putih, Rawamangun, atau turun ke arah Ancol, Pluit dan seterusnya untuk menghindari gerbang tol Halim," lanjutny


Selain warga yang menuju Jakarta, para pemudik yang bertujuan ke wilayah Bekasi dan sekitarnya juga diminta untuk tidak menggunakan Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Sambodo menuturkan, penggunaan tol Japek bisa menambah beban kendaraa


"Sebaiknya jangan menggunakan tol Japek, karena akan menambah beban kendaraan. Ada baiknya gunakan jalur arteri," terang Sambod


Jika pemudik bertujuan ke wilayah Kabupaten Bekasi, maka bisa melalui jalur arteri Pantura, melalui Kalimalang yang menembus Jakarta Timu


Atau para pemudik lewat Harapan Indah, atau dari Kalimalang naik ke Becak Kayu nanti bisa tembus ke Tol Priok atau ke bawah yakni Hali


"Jadi betul-betul jalur Japek digunakan oleh pemudik yang akan kembali ke Jakarta. Untuk para traffic local, Bekasi dan Jakarta sebaiknya pulan pergi tidak gunakan tol Japek tapi melalui jalur arteri," pungk diasm.r.o.n.a.k.).R.r arteri," pungkas

@PMJ

5 Mei 2022

Arus Balik, Kapolri Pastikan Siapkan Strategi Urai Kepadatan di Jalan Tol dan Pelabuhan Bakauheni


Bali - Fbinews

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Polri bersama pemangku kepentingan terkait telah menyiapkan strategi pengaturan lalu lintas untuk menghadapi arus balik Lebaran 2022. Beberapa strategi yang digunakan sama dengan arus mudik yakni mulai dari Contraflow hingga One Way.


Menurut Sigit, strategi rekayasa lalu lintas itu, untuk mencegah serta mengurai kepadatan arus balik Lebaran, yang mana pada hari ini juga telah dimulai. Pasalnya, telah terjadi peningkatan volume kendaraan di beberapa ruas jalan, khususnya wilayah Jawa Barat yang mengarah ke Jakarta.

"Sama seperti pada saat mudik kemarin maka rekayasa atau strategi mulai dari bagaimana mengatur Confraflow, lalu bagaimana pengaturan One Way," kata Sigit usai meninjau lokasi wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali, Kamis (5/4/2022).

Sigit menjelaskan, penerapan rekayasa lalu lintas akan tetap bersifat situasional dengan memperhatikan dinamika yang berkembang dilapangan.

"Jadi memang kita memiliki indikator-indikator dimana pada saat di jalan tol sudah melebihi 5000 per jam kita mulai dengan Contraflow. Begitu lewat dari 6000 masuk ke 7000 kendaraan, maka kita laksanakan One Way. Sehingga secara periodik ini akan kita ikuti," jelas Sigit .

Selain rekayasa di jalan tol, Sigit menuturkan ada strategi pengaturan lalu lintas di wilayah Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Adapun persiapannya adalah dengan menambah kapal dan dermaga guna mengurai kemacetan.

"Kemudian rest area yang ada di sekitar Bakauheni juga sudah kita persiapkan. Sehingga masyarakat yang harus antri bisa beristirahat di rest area sambil menunggu informasi dari petugas tentang kesiapan kapal dan dermaga yang kosong. Sehingga kemudian masyarakat dapat menunggu dengan nyaman," ujar Sigit.

Dalam kesempatan ini, mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kembali ke Jakarta lebih awal sebelum tanggal 6, 7, 8 Mei 2022, yang diprediksi sebagai puncak arus balik.

Namun, jika masyarakat terpaksa harus kembali pada tanggal 6 sampai 8 Mei, maka Polri bersama pemangku kepentingan lainnya juga telah mempersiapkan beberapa strategi untuk mengantisipasi dan mengurai kemacetan.

"Strategi untuk menghadapi arus sudah kita bersiap, mulai dari rencana One Way yang mungkin kita laksanakan mulai dari tol Kalikangkung sampai KM 70. Kemudian akan kita atur dari KM 70 ke KM 42 sampai Halim, dengan strategi yang ada, apakah satu arah atau kontraflow ," ucap Sigit.

Lebih lanjut, mantan Kapolda Banten ini menuturkan, setiap kebijakan rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan akan disosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat.

"Kita akan informasikan kepada masyarakat, kita sosialisasikan sebelumnya, sehingga masyarakat diharapkan mendapatkan info lebih awal dan tidak menunggu saat mulai ada rekayasa yang kita laksanakan," tutur Sigit.

Untuk mengurai kemacetan pada arus balik, Sigit juga mengimbau kepada instansi baik swasta maupun pemerintah yang masih memungkinkan dalam satu minggu ke depan dapat melaksanakan aktivitas kantor dengan online atau Work From Home (WFH) dapat dilaksanakan. Hal ini dilakukan untuk mengurai kemacetan arus balik.

"Tentunya perlu dikoordinasikan sehingga antara perusahaan, instansi perkantoran yang ada, kemudian bisa berkoordinasi dengan karyawannya sehingga proses kegiatan tetap bisa berjalan, namun masyarakat juga tidak menghadapi risiko balik pada tanggal 6, 7, 8 Mei," papar Sigit.

Strategi dan imbauan tersebut, kata Sigit bisa dilakukan dengan harapan arus balik Lebaran pada tahun ini berjalan dengan aman dan lancar.

"Masyarakat bisa kembali beraktivitas ke kantor untuk bekerja dan dalam perjalanannya tetap nyaman serta petugas kita akan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," tutup
@DIVHUMPOL

Kakorlantas Cek Arus Balik di Tol Kalikangkung : Volume Kendaraan Mulai Meningkat

 


Semarang -  FBINEWS

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi meninjau arus balik lebaran di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah. Firman menyebut arus kendaraan ke arah timur (Jakarta) mulai meningkat.

“Melihat perkembangan waktu demi waktu kebangkitan arus yang akan kita perkirakan sesuai dengan imbauan kita mulai akan diperkirakan naik mulai 6, 7, dan 8 Mei 2022,” ucap Irjen Firman Shantyabudi, Kamis (5/5/2022).

Firman mengungkap arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mengawal masyarakat yang balik dari kampung halaman usai merayakan Lebaran. Polri, lanjut Firman, fokus untuk mengawal penuh agar arus balik Lebaran 2022 berjalan lancar.

“Jadi kami dengan jajaran di Korlantas dan Polda-polda jajaran tidak ada tugas yang lain kecuali mempersiapkan dengan baik,” jelas Firman.

Firman mengatakan polisi memiliki kewenangan ‘diskresi’ untuk menentukan rekayasa lalu lintas agar perjalanan para pemudik nyaman dan aman sampai tujuan. Kebijakan tersebut bersifat situasional dan dinamis melihat dari perkembangan-perkembangan di lapangan.

“Kapan waktunya kapan harus satu lajur untuk contraflow kapan harus one way secara keseluruhan,” terang Firman.

Terakhir, Firman mengajak masyarakat yang melakukan perjalanan arus balik ke ibu kota untuk menyiapkan segala atribut mulai dari fisik, stamina, kendaraan dan kebutuh bensin, serta makanan. Hal itu agar dalam perjalanan keselamatan tetap terjaga.

“Sekali lagi ini operasi keselamatan jadi harus dipastikan yang berada di jalan adalah mereka yang sehat, mereka yang berkonsentrasi penuh, siap secara fisik kendaraan dan sebaginya untuk sampai ke tujuan dengan baik,” pungkas Firman.

@DivHumPol

Alamat Redaksi : JL. Bekasi Barat Raya NO 21 Jakarta Timur email : fbinewsoke@gmail.com Website : www.fbinews.net Wartawan Media FBINews Dalam Menjalankan tugas, dibekali Press card Identity yang masih berlaku dan Surat Tugas, serta Namanya tercantum di website Fbinews.net dalam Susunan Redaksi. Laporkan segera segala bentuk dan tindakan melanggar Hukum dan Melanggar kode etik Jurnalist

    FBINEWS JABAR