-->

GANTIKAN KOMBES POL. MAKHRUZI RAHMAN, KOMBES POL. YASSIN KOSASIH JABAT KASUBDIT PATROLI PERAIRAN DITPOLAIR KORPOLAIRUD



Jakarta Fbinews.net

Jabatan Direktur Kepolisian Perairan Korpolairud Baharkam Polri telah resmi berganti, berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST / 2852 / X /KEP / 2019 tanggal 21 Oktober 2019 maka Kombes Pol. Makhruzi Rahman, S.IK., M.H. ditunjuk sebagai Direktur Polair Korpolairud Baharkam Polri. Sebagai penggantinya, dalam surat perintah yang ditandatangani oleh AS SDM Kapolri tersebut maka Kombes Pol. Mohammad Yassin Kosasih, S.IK., M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Fasharkan ditunjuk sebagai Kasubdit Patroli Perairan Ditpolair Korpolairud yang baru.

Selain posisi pejabat Kasubdit Patroli Perairan, beberapa Pejabat Utama di lingkungan Korpolairud juga mengalami pergantian. Kepala Bagian Operasional dan TIK di isi oleh Kombes Pol. Drs Tubuh Musyareh menggantikan pejabat lama yang mendapatkan promosi sebagai Pati SSDM Polri. Sedangkan Kabag Renmin Korpolairud Kombes Pol. Drs. Desmawan Putra dimutasikan sebagai Sespusjarah Polri dan posisinya digantikan oleh Kombes Pol. Drs. Achmad Dyanaputra.

Pelaksanaan upacara serah terima jabatan beberapa Pejabat Utama tersebut telah berlangsung secara bersama - sama pada Selasa (5/11/2019) bertempat di Mako Ditpolair Korpolairud Tanjung Priok Jakarta.

Kakorpolairud Brigjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum memimpin langsung Upacara Sertijab yang diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Korpolairud, Ditpolair, Ditpoludara beberapa Perwira serta Anggota dan Bhayangkari sekaligus memimpin pengambilan sumpah jabatan, serta penandatanganan berita acara serah terima dan pakta integritas.

"Pergantian jabatan itu merupakan sesuatu yang biasa, mutasi pejabat di lingkungan Polri adalah bagian dari penyegaran serta pembinaan sebuah organisasi", ucap Kakorpolairud mengawali sambutannya.

"Selama menjabat Kasubdit patroli, Kombes Makhruzi telah melakukan banyak hal positif bagi kesatuan ini, begitu pula dengan Kombes Yassin sebagai Kasubdit Fasharkan. Atas dasar itu, sehingga sangat layak jika Pimpinan mempromosikan keduanya menduduki jabatan yang lebih tinggi", ucap Brigjen Latif.

"Saya atas nama kesatuan menyampaikan terima kasih kepada Kombes Desmawan, selama menjabat sebagai Kabagrenmin telah banyak yang bliau kerjakan demi kebaikan organisasi ini. Kemudian selamat datang kepada Kombes Tubuh Musyareh serta Kombes Achmad Dyanaputra di Keluarga besar Korpolairud. Bliau - berdua ini hampir sebagian besar kariernya di Polair, dengan bergabungnya kembali bliau berdua kita semua tentu berharap Korpolairud ini akan bisa menjadi lebih baik lagi", lanjutnya.

Lebih lanjut Kakor mengatakan bahwa tantangan Korpolairud dalam melaksanakan tugas - tugas Kepolisian ke depan tentu bukan semakin mudah, kebijakan Pemerintah yang terus dan tetap menggelorakaan laut/maritim sebagai prioritas utama Pemerintah tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Korpolairud dalam mewujudkan Harkamtibmas yang kondusif di wilayah Perairan guna mendukung program - program Pemerintah.

"Sebagai negara maritim yang letaknya sangat strategis di antara dua benua dan dua samudera sehingga menjadi jalur laut perekonomian dunia, ini tentu berdampak terhadap munculnya berbagai ancaman tindak pidana di perairan. Ditpolair Korpolairud tentu mempunyai kewajiban untuk mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban perairan yang kondusif guna menopang perekonomian negara", lanjutnya.

Lebih lanjut Brigjen Latif mengatakan bahwa Korpolairud dalam hal ini Polair telah berhasil menunjukkan prestasi yang cukup membanggakan. Kinerjanya cukup efektif, dengan berhasil mengungkap berbagai kasus tindak pidana seperti illegal fishing, illegal minning, kasus narkoba, penyelundupan, illegal logging maupun tindak pidana yang berkaitan dengan KSDA. Selain itu juga dengan tugas - tugas kemanusiaan dalam rangka tanggap darurat bencana dan juga Operasi Khusus dapat diikuti dan dilaksanakan dengan sangat baik. 

"Ke depan, seiring dengan penambahan dan perkembangan tehnologi dari Alut dan Almatsus yang kita miliki maka peningkatan kemampuan personel atau Sumber Daya Manusia Polair ini mutlak harus dilakukan. Mari kita samakan persepsi kita untuk berbuat yang terbaik demi kemajuan Kesatuan kita", tutupnya.

Sementara itu ditemui usai acara Sertijab, Kombes Yassin Kosasih yang telah resmi menjabat sebagai Kasubdit Patroli Perairan mengatakan bahwa ia akan bertekad untuk melanjutkan program kerja Kasubdit Patroli sebelumnya dan tentunya akan membuat kebijakan - kebijakan strategis lain guna peningkatan kinerja Kesatuan.

"Terima kasih atas dukungan dari semua pihak, kita ketahui bersama bahwa Subdit Patroli saat ini boleh dikatakan sebagai tulang punggung dari Kesatuan Polair ini. Dengan dukungan jumlah personel yang besar dan kapal - kapal Polisi, maka kinerja dari Subdit Patroli ini harus lebih kita optimalkan lagi guna mencapai target - target yang telah ditetapkan", ucapnya.

"Bersama Subdit lainnya, Gakkum, Intel Air, Fasharkan dan Binmas Air, kita akan bersinergi dan memiliki keyakinan bersama bahwa dengan potensi yang ada ini, Ditpolair Korpolairud bisa menjadi lebih baik lagi. Jabatan sebagai Kasubdit Patroli Perairan ini tentu sebagai suatu amanah yang akan kami jalankan dengan sebaik - baiknya, mohon doa dan dukungannya. Arnavat Dharpa Mahe", ucap Kombes Yassin dengan tegas.

Beberapa Pejabat Utama Ditpolair Korpolairud mengalami pergeseran posisi seiring dengan ditetapkannya Brigjen Latif sebagai Kakorpolairud antara lain Kombes Pol. Makhruzi Rahman, S.IK., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Patroli Perairan Ditpolair Korpolairud diangkat sebagai Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, posisinya kemudian digantikan oleh Kombes Pol. Yassin Kosasih, S.IK., M.Si. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Fasharkan Ditpolair Korpolairud. Jabatan Kasubdit Fasharkan selanjutnya diisi oleh Kombes Pol. Yulius Bambang Karyanto yang sebelumya merupakan Direktur Polairud Polda Papua, sementara Kombes Pol. Ir. Kasmolan yang sebelumnya sebagai Anjak pada Korpolairud menjabat sebagai Direktur Polairud Polda Papua.

Pantauan Humas Ditpolair Mabes, seluruh rangkaian Upacara serah terima jabatan berjalan dengan tertib, khidmat dan lancar.

Humas Ditpolair Mabes
 Advertisement Here
 Advertisement Here