-->

4 Pencuri Uang di Mesin ATM Ditangkap Polres Metro Jalarta Selatan


Jakarta – Fbinews.net

Hanya bermodalkan obeng, kawanan bandit beranggotan empat orang yakni DW, SY, FD, dan DK berhasil membobol mesin ATM di kawasan Koja, Jakarta Utara. Aksi mereka terekam kamera pengintai Closed Circuit Television (CCTV) sehingga berhasil ditangkap polisi.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto menuturkan, para pelaku memulai aksi kriminal mereka dengan mencari mesin ATM model lama, exit shutter.

“Jadi ada model ATM yang lama, dengan cara mengeluarkan uang,” ujar Budhi, di Mapolsek Koja, Selasa (28/1/2020).

Pelaku lalu mengganjal uang yang keluar dengan menggunakan obeng pada saat penarikan. Cara tersebut kemudian membuat uang dalam mesin ikut keluar. “Pada saat uang akan keluar, kemudian tersangka mengganjal exit shutter ini dan menarik seluruh uang yang keluar,” kata Kombes Pol Budhi.

Perbuatan keempat pencuri itu terekam kamera pengawas atau CCTV. Setelah aksi pembobolan ATM berhasil, mereka kemudian mencari lokasi lain untuk kembali menjalankan aksi kejahatan serupa.

“Kalau dia sudah merusak atau mengganjal ATM, maka akan termonitor di pihak penyelenggara ATM dan akan terecord (terekam) laporan bahwa ATM tersebut rusak dan tidak bisa digunakan,” ucap Kombes Pol Budhi.

Polisi berhasil menyita barang bukti berupa dua unit sepeda motor, enam buah ponsel, satu unit exit shutter ATM, dan satu obeng. Keempat tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman lebih dari lima tahun kurungan penjara.

Source : mascipoldotcom 
 Advertisement Here
 Advertisement Here