2020/06/04

670 Travel Diamankan, Polda Metro Jaya Putar Balik 41.439 Kendaraan saat Arus Mudik

Tags


Bekasi - Fbinews.net

Polda Metro Jaya telah mengamankan 41 ribu lebih kendaraan selama arus mudik pada Operasi Ketupat 2020. Selain itu, polisi juga mengamankan ratusan unit kendaraan travel gelap yang menyelundupkan pemudik.

"Jadi, dari data kemarin sejak pelaksanaan arus mudik dari 24 April sampai 26 Mei itu ada sekitar 41.439 kendaraan yang kita putarbalikkan. Selama arus mudik juga ada sekitar 670 kendaraan travel yang kita amankan dan lakukan penilangan karena memang digunakan untuk membawa penumpang pulang kampung atau mudik," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana di pos penyekatan Kedungwaringin, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (4/6/2020).

Seperti diketahui, pemerintah tahun ini melarang masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik guna mencegah penyebaran virus Corona. Polda Metro Jaya membentuk 19 titik penyekatan untuk menyetop pemudik.

Terkait penyekatan arus balik, irjen Pol Nana mengatakan dari tanggal 27 Mei hingga saat ini pihaknya masih melakukan operasi tersebut. Kapold menyebutkan lebih dari 20 ribu kendaraan telah diputarbalikan sebelum sampai ke Jakarta hingga memasuki hari kedelapan operasi penyekatan arus balik.

"Kemudian dari tanggal 27 (Mei) sampai saat ini kami masih melakukan penyekatan terkait dengan arus balik. Jadi, sampai saat ini kami masih konsisten melakukan penyekatan arus balik dan sampai hari kedelapan sudah ada 24.439 kendaraan yang kita lakukan putarbalik, di samping juga memberikan teguran-teguran," sebut Irjen Pol Nana.

"Sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomer 47 bahwa setiap masyarakat yang masuk Jakarta harus mempunyai surat izin masuk. Hal ini dalam rangka upaya mencegah timbulnya gelombang kedua daripada penyebaran virus Corona," sambung Irjen Pol Nana.

Lebih lanjut, Irjen Pol Nana juga mengapresiasi pelaksanaan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Irjen Pol Nana menyebutkan, pelaksanaan PSBB sejauh ini telah berkontribusi menekan angka penyebaran virus Corona di Jakarta.

"Kita patut mensyukuri ya bahwa pelaksanaan PSBB di Jakarta dan sekitarnya dianggap berhasil. Hal ini dilihat dari grafik yang dari awal pekan pertama wilayah DKI ini terkait dengan penyebaran virus Corona ini meningkat tajam, tetapi di pekan 10,11, 12 melandai dan alhamdulillah saat ini minggu ke-13 sudah ada penurunan," pungkas Irjen Pol Nana.

Source : poldametrojayadotinfo 


EmoticonEmoticon