-->

Mobile Lab Bio Safety Level (BSL-2) Siap Beroprasi


Jakarta - Fbinews.net

Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro Bersama Kepala BPPT Hammam Riza, Kepala Staf TNI AD Jenderal Andika Perkasa, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo akan meresmikan Pengoperasian Mobile Lab Bio Safety Level (BSL-2) di Rs. Moh Ridwan Meuraksa Jakarta Timur (16/06) .

Mobile Lab BSL-2 merupakan produk hasil inovasi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC-19).

Mobile Lab BSL-2 laboratorium yang bersifat mobile atau dapat dipindah-pindah sehingga dapat ditempatkan ke daerah-daerah yang belum memiliki laboratorium BSL-2 untuk memudahkan pelaksanaan uji Polymerase Chain Reaction (PCR) dalam rangka mendeteksi Covid-19. 

Mobile lab BSL-2 ini telah mengikuti standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang dilengkapi sejumlah peralatan yang mendukung pemeriksaan swab Covid-19 antara lain, peralatan PCR untuk tes swab Covid-19, biosafety cabinet, dan sistem pemprosesan limbah medis. Mobile Lab BSL-2 ini pun telah dilengkapi fitur aplikasi Pantau Covid-19 untuk melayani pendaftaran bagi masyarakat yang akan melakukan pengujian swab test terintegrasi dengan Sistem Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 guna melakukan update data pasien. 

Mobile lab BSL-2 ini merupakan wujud inovasi BPPT melalui TFRIC-19, yang saat ini berada di lokasi Rs. Moh. Ridwan Meuraksa, Jakarta Timur.


Mujahidin
 Advertisement Here
 Advertisement Here