-->

Ade Yasin Berikan Bantuan Ternak Ayam Dan Benih Ikan Di Desa Gunung Sari


Bogor-fbinews.net


Ade Munawaroh Yasin (Bupati Bogor) memberikan bantuan kepada para petani ikan dan ternak di Kecamatan Pamijahan pada giat Mapay Lembur di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kamis (5/11/2020).


Pemberian bantuan ternak ayam dan benih ikan kepada para kelompok pembudidaya adalah bentuk stimulan agar kelompok pembudidaya dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi.


“Hari ini Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Peternakan dan Perikanan memberikan bantuan calon induk ikan Nila Nirwana dan ayam lokal kepada 9 kelompok. Secara simbolis diberikan kepada kelompok tani ikan Lokapurna Milenial dan kelompok ternak Cahaya Tani Kabupaten Bogor,” kata Ade Yasin.


“Bantuan untuk sembilan Kelompok Pembudidaya Ikan, masing-masing 1 paket calon induk yg terdiri dari 300 ekor ikan nila betina dan 100 ekor nila jantan. sedangkan, untuk 5 kelompok ternak masing-masing 1 paket calon induk 400 ekor ayam lokal,” pungkasnya.



Ade Yasin yang merupakan Ketua DPW PPP Jawa Barat juga menyempatkan meninjau sentra peternakan jangkrik.

Ia juga menambahkan, potensi perikanan dan peternakan di Kabupaten Bogor cukup besar. “Produksi ternak di Kabupaten Bogor pada tahun 2019 tercatat menghasilkan 191.774 ton daging, 61.247 ton telur dan 21.182 ton susu dengan trend pertumbuhan yang positif dari tahun ke tahun. Ini potensi yang cukup besar dan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat serta berkontribusi pada indeks peningkatan daya beli dan kesejahteraan masyarakat apabila dikelola secara optimal,” Ucap ketua DPW PPP ini.


Ade juga menjelaskan, untuk kecamatan Pamijahan ditetapkan sebagai lokasi strategis kawasan pembenihan ikan air tawar tentunya hal ini perlu didukung dari semua sektor tidak hanya pengadaan benih ikan saja tapi pemasarannya juga.


“Upaya pendukung Kabupaten Bogor sebagai wilayah penghasil benih ikan terbanyak di Indonesia, Balai Benih Ikan Cibitung akan merilis calon induk ikan secara mandiri yang akan diberikan kpd kelompok perikanan,” Jelasnya



Bahkan, Ade menambahkan Kecamatan Pamijahan unggul dalam usaha ternak, seperti sapi perah domba, kambing, ayam ras pedaging, ayam buras, itik, dan itik manila.


“Saya harap para kelompok penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya bersama seluruh anggota kelompok untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama. Semoga sektor perikanan dan peternakan dapat semakin menegaskan eksistensinya dalam berkontribusi pada pembangunan daerah dan upaya terwujudnya Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban,” pungkasnya.


(Kasdi Botak)

 Advertisement Here
 Advertisement Here