-->

Piagam dan Foto Sultan Baabullah Ternate Siap Dijemput


Ternate–fbinews.net


Sultan Baabullah Datu Syah resmi ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, bersama dengan 5 tokoh lain di Indonesia, Selasa (10/11/2020). 


Penetapan pahlawan nasional oleh presiden Jokowidodo itu tertuang dalam surat keputusan Presiden nomor 117/PK tahun 2020, tentang penganugerahan gelar pahlawan nasional Tertanggal 6 November 2020.


Sultan Baabullah merupakan Sultan ketujuh dan penguasa ke-24 Kesultanan Ternate di Kepulauan Maluku yang memerintah antara tahun 1570 dan 1583 dan pada masa pemerintahannya, ia berhasil mengusir Portugis dan merupakan masa keemasan Kesultanan Ternate.


Di Kota Ternate, Keluarga Malamo Ternate (KARAMAT) bersama para perangkat adat Kesultanan Ternate, menggelar ritual do'a selamat sebagai bentuk rasa sukur atas gelaran tersebut.


Rupanya, momentum penetapan itu turut disaksikan oleh Kepala Seksi Operasional Korem 152/Babullah Ternate, Kolonel Inf Andreas Nanang Dwi Prastowo.



"Saya juga ada lihat tadi di tv," kata Andreas, saat disambangi sejumlah pengurus KARAMAT di Korem 152/Babullah, Kota Ternate, Selasa sore.


Sekadar diketahui, kunjungan KARAMAT ke Korem untuk menyampaikan perihal persiapan penyambutan piagam dan foto sang penguasa 72 negeri berpenghuni tersebut.


Sehingga dibutuhkan keterlibatan TNI, dalam hal ini personil Korem 152/Babullah. "Tentu saya siap bantu dari sisi pengadaan pasukan," tandasnya.


Andreas pun memberi saran agar KARAMAT terus menjalin koordinasi lintas instansi, baik dari pemerintahan maupun kepolisian. 


"Karena konsepnya-kan jalan kaki dari bandara ke kedaton, jadi penting juga berkoordinasi dengan kepolisian untuk kelancaran acara," jelasnya.


Sementara, Pelaksana tugas Kepala Bandara Sultan Babullah Ternate, Syahril, mengaku telah menyiapkan baliho untuk dipasang di areal bandara.  


"Kami sudah buat baliho, Ukurannya cukup besar. Nanti dipasang di dua titik," singkatnya.


Rencanannya, pada Rabu 11 November, KARAMAT akan berkunjung ke Polres Ternate, untuk berkoordinasi soal kesiapan teknis penyambutan yang direncanakan pada Sabtu 14 November 2020. (ILON HI.M)

 Advertisement Here
 Advertisement Here