-->

Polda Malut Perkuat Pilkada 2020 di Ternate, Halsel & 6 Desa .



Ternate–Fbinews.net


Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) akan memperkuat wilayah Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) serta wilayah perbatasan 6 desa antara Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dan Halmahera barat (Halbar) dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020.


Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Malut, Kombes Pol Juwari saat dikonfrimasi Awak Media, Senin (23/11/2020) mengatakan, dua wilayah baik Halsel dan Ternate yang masuk dalam zona rawan karena lokasi Kota Ternate merupakan kota ramai penduduk sementara Halsel ada petahana yang tidak lolos dalam pemilu 2020.


“Iya, ada potensi-potensi kerawanan, Ternate itu paling rame dan Halsel itu ada petahana yang tidak ikut dan itu tidak bisa diabaikan,” ungkap Juwari.


Menurutnya,  untuk wilayah 6 desa Halut dan Halbar sudah ada ploting dan persiapan anggota baik Dalmas dan PAM tempat Pemungutan Suara (TPS) serta termasuk titik TPS.


Juwari bilang, untuk langkah antisipasi di lokasi 6 desa semoga bisa diantisipasi karena sudah dilakukan koordinasi dan pelaksanaan pemungutan suara akan dilakukan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).


“Masalahnya juga masih ada dua TPS yang wilayahnya masuk di Halut tetapi lokasi wilayahnya ada di wilayah Halbar,” katanya.


Ia juga memastikan, dua desa di 6 desa yang ada di Halut dan Halbar itu akan tetap menyalurkan hak suara pada 9 Desember 2020 dengan tidak melakukan mobilisasi karena lokasi TPS akan tetap berada di wilayah tersebut.


“Pencoblosanya tetap di desa itu sediri,” singkatnya.


Kepada masyarakat di 10 Kabupaten/Kota diwilayah Malut khusunya untuk daerah penyelenggara Pilkada dirinya mengajak sekaligus menghimbau untuk tetap menjaga situasi kamtibmas di wilayah masing-masing dan tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan sering mencuci tangan sebagai bentuk untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.


“Wilayah aman itu bukan hanya tanggungjawab aparat keamanan tetapi menjadi tanggungjawab bersama termasuk masyarakat,” pungkasnya.(ILON.HI.M

 Advertisement Here
 Advertisement Here