2020/12/20

1.942 Suara Menghantarkan Ja'i . S.IP Memenangkan Pilkades Desa Situ Daun



Bogor Fbinews.net


Minggu tanggal 20 Desember 2020 merupakan hari bersejarah bagi warga Situdaun Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Pada hari tersebut desa yang terletak di lereng Gunung Salak ini mengadakan pesta Demokrasi rakyat Pemilihan Kepala Desa (Pil Kades).


Pilkades dilaksanakan enam tahunan, sesuai dengan Aturan yang di keluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. Pelaksanaan Pilkades ini sendiri didanai oleh anggaran Pememerintah Kabupaten Bogor.


“Pembatasan pemilih di setiap TPS maksimal 500 orang sesuai dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor 141/5483/BPD tertanggal 10 Desember 2020,” ujar Kamal Ketua Panitya


Kandidat Calon yang ikut dalam pesta Demokrasi rakyat desa Situdaun berjumlah 5 kandidat, Lima Calon tersbut adalah : Nomor Urut 1. Asep Himawan S.Pdi 2. Inda, 3. Ja’i,S.I.P 4. nURYANA dan nomor urut 5. E.Jarkasih . Kelima calon ini mempunyai kesempatan yang sama untuk mencapai kemenangan dalam “pertarungan” ini.


Proses pemilihan yang cukup melelahkan dan penuh dengan intrik tidak mengakibatkan warga desa menjadi “tercerai-berai”. Warga melakukan aktivitas dengan wajar tanpa ada silang sengketa yang tidak diinginkan. 


Walaupun suasana warga tentram tanpa gejolak, akan tetapi dari tim sukses memainkan peranan yang tidak bisa dibilang sederhana. Masing-masing tim sukses melakukan tindakan yang terkadang diluar perkiraan untuk menonjolkan calon masing-masing.



Kegiatan kampanye memang tidak diatur dalam peraturan ataupun undang-undang, sehingga sangat wajar masing-masing tim sukses berbagai cara di tempuh untuk mengoalkan jagoannya


Setelah melalui proses penghitungan perolehan suara terbanyak pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Situ Daun, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor yang dilakanakan hari Minggu tanggal 20 Desember 2020, peraih suara terbanyak pilihan masyarakat Desa Situdaun dimenangkan oleh Ja'i kandidat calon nomor urut 3 dengan perolehan suara sebanyak 1.942. posisi ke-2 E.Jarkasih kandidat nomor urut 5 dengan perolehan suara 1.447, Asep Himawan nomor urut 1 mendapatkan suara sebanyak 1.272, Inda nomor urut 5 dengan perolehan suara 923 serta terakhir Nuryanat dengan nomor urut 4 meraih perolehan suara sebanyak 702.= (Kasdi Botak)


EmoticonEmoticon