2020/12/02

KSOP Ternate "WARNING" Untuk Transportasi Laut



TERNATE -Fbinews.net


Mencermati kondisi alam yang ekstrim belakangan ini karena adanya fenomena alam Lanina, Kantor Kesyahabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate mulai mengeluarkan WARNING kepada pengguna transportasi laut yang melakukan aktivitas pelayaran agar tetap meningkatkan kewaspadaan.


Hal ini disampaikan langsung kepala KSOP Ternate, Afan Tabona saat diwawancarai wartawan FBI News di ruang kerjanya, Selasa (2/12/2020).

Menurut Afan, sesuai dengan prediksi BMKG, cuaca ini akan terjadi hingga meret 2021 mendatang.


Oleh karena itu, KSOP mengantisipasi kapal-kapal yang berlayar pendek seperti Ternate-Tidore, Sofifi dan lain sebagainya.

"Setiap kapal yang akan berangkat harus mengunakan life jaket itu sarat utama," akunya.


Bahkan ia juga menegaskan, jika alat keselamatan berupa life jaket tidak dipersiapkan speead boad maka speead boad tersebut tidak akan diijinkan untuk melakukan pelayaran.

"Kalau tidak ada life jaket pastinya kita tidak ijinkan untuk berlayar," tegasnya 


Menurutnya, aktivitas pelayaran saat ini masih tetap normal, namun jika kondisi cuaca memang tidak memungkinkan, Maka tidak menutup kemungkinan jalur pelayaran akan ditutup sampai dengan cuaca kembali normal.


"Cuaca buruk itu sering terjadi di sekitar pukul 12 siang dan jika kami lihat cuacanya sudah tidak memungkinkan menurut penglihatan kami maka pelayanan langsung kita tutup smenetara," tuturnya.


Afan menyebut, dengan kondisi ini, pihaknya selalu menyiagakan Anggota dilapangan untuk melakukan pengawasan ketat di semua speead boad.


"Anggota saya sudah mulai bertugas dari stegah 6 pagi dan itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bukan hanya dalam situasi ini tapi hari-hari biasa juga seperti ini," katanya.


Kepada masyarakat di Malut dirinya berharap untuk bersama-sama menjaga keselamatan saat berlayar dengan tetap mengikuti aturan yang berlaku.


"Kepada masyarakat, marilah kita sama–sama menjaga keselamatan kita, kalau tidak ada kepentingan yang mendesak, jangan dulu berlayar. Kalau boleh menunggu sampai cuacanya betul–betul normal kembali," pungkasnya.    (ILON HI.M)


EmoticonEmoticon