-->

Napi Pembunuh Siswa SMA di Ternate Lari Mengunakan Perahu Sampan


TERNATE - FBINEWS.NET

Narapidana (Napi) Muhammad Kasim Hafel alias Upi, Kasus Pembunuhan yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ternate kemarin berhasil dihentikan.


Kapolres Ternate, AKBP Aditya Laksimada saat diwawancarai Wartawan, Rabu (25/8/2021) menyatakan, pelarian Upi napi kasus pembunuhan, Selasa (23/8/2021) kemarin berakhir setelah terlihat oleh warga Hiri, Kota Ternate.

Aditya menjelaskan, untuk kronologis penangkapan itu terjadi sekitar pukul 11:30 WIT setelah yang bersangkutan bersandar di Pulau Hiri menggunakan perahu sampan dari Kota Ternate.

Kata Aditya, Kehadiran napi di pulai Hiri ini mulai diketahui setelah pergerakan yang mencurigakan oleh warga setempat.

"Ini awalnya karena masyarakat Hiri meliat ada orang yang mencurigakan merapat di pulau Hiri dengan menggunakan perahu sampan dari Ternate," akunya.

Setelah melihat hal tersebut lanjut Kapolres, warga langsung menyampaikan informasi tersebut ke Kapospol karena informasi tersebut sebelumnya telah disampaikan Kapospol ke warga setempat.

"Dari informasi tersebut, anggota langsung mengamankan dia (Upi) di pos dan dilakukan pemeriksaan ternya dia adalah napi yang kabur dari Lapas," tegas Aditya.

Kapolres bilang, awalnya dengan berbekal perahu sampan, napi tersebut hendak kabur menuju Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) tetapi karena kelelahan mendayung, maka perahunya hanya bisa sampai di pulau Hiri.
"Tadinya dia ingin kabur ke Jailolo, tapi karena lelah makanya sampe di Hiri saja," akunya.

Kapolres juga bilang, setelah diamankan, selanjutnya napi ini akan kembali diserahkan ke Lapas Ternate untuk dilakukan penahanan kembali.

Untuk diketahui, Upi merupakan napi kasus pembunuhan yang divonis 20 tahun penjara oleh Pengadilan Ternate sejak tahun 2013 silam.

Pelarian Upi ini bukan upaya sendiri tetapi dibantu oleh salah satu rekannya atas nama Bayi napi kasus narkotika yang dikurung bersamanya di Blok Maximum Security atau blok pertobatan di Lapas Ternate.

Dengan merusak gembok tersebut, Upi dan Bayu kabur dengan cara melompat pagar Lapas tetapi rencana Bayu tidak berjalan mulus karena diamankan petugas setempat. (ILONHI.M Marsaoly)
 Advertisement Here
 Advertisement Here