-->

Kombes Rinny Shirley, Polwan Pertama yang Sandang Doktor Psikologi

 


Jakarta - FBINEWS


Kombes Pol Rinny Shirley Theresia Wowor atau dikenal Rinny Wowor adalah polwan pertama yang menyandang gelar program doktor Psikologi dari Universitas Indonesia (UI). Rinny merupakan istri Irjen Pol Yazid Fanani, Kepala STIK-PTIK.


Di korps Bhayangkara, Rinny Pamen Baintelkam Polri (Penugasan pada BIN) sejak 2 September 2019. Jebolan Seba Polwan 1988 dan Setukpa 1997 ini berpengalaman di bidang Psikologi. Jabatan terakhirnya adalah Kasubbag Litpsi Bagpsipol Biro Psikologi SSDM Polri.


Pencapaian gelar doktor yang diraih Rinny berkat disertasi berjudul 'Budaya Senjang Kekuasaan, Rasa Percaya dan Unjuk Kerja: Analisis Mediasi Termoderasi Pengaruh Kepemimpinan Melayani dan Komitmen Afektif Terhadap Unjuk Kerja Petugas Pemolisian Komunitas'.


Menurut Rinny, penelitiannya mampu memberikan kontribusi yang cukup besar dari Polri. Selama Polri tetaplah pencegahan kejahatan atau pencegahan tentu penting dalam komunitas pemolisian.


"Tidak hanya komitmen dari pelaksana komunitas pemolisian, tapi juga pemimpinnya harus lebih melakukan tugas sebagai pelayanan seperti kepemimpinan yang didukung oleh rasa percaya anggota kepada pemimpinnya. Bila anggota polisi sudah bagus, maka akan memberikan kontribusi kepada masyarakat," ujar Rinny dari berbagai sumber. .


Rinny pun mengungkapkan alasan melanjutkan pendidikan hingga meraih predikat polwan pertama doktor psikologi. Pasalnya, saat itu dia bekerja di Biro Psikologi Polri.


Selain menambah keilmuan tentang, belum adanya doktor psikologi yang dimiliki Polri menjadi alasan kuat untuk menempuh pendidikan hingga jenjang S3.


Adapun riwayat jabatan Rinny Wowor antara lain Pama Dispsi Polri (1998), Psikolog Pratama 1 Ropsi Polri (2002), Kaur Bag Psipol (2010), dan Kasubbaglekpsi Bagpsipers Ro Psi SSDM Polri (2014).


Kemudian Kasubbag Litpsi Bagpsipol Biro Psikologi SSDM Polri (2018) dan saat ini sebagai Pama Baintelkam Polri (2019).


Rinny Wowor bersama Brigjen Pol Dr Juansih, Kombes Pol Dr Sumy Hastry Purwanti, Kombes Pol Dr Rosmita Rustam, dan Kombes Pol Dr Sulastiana juga pernah menulis buku berjudul Polwan Untuk Negeri: Bunga Rampai Pemikiran dan Pengalaman yang Menginspirasi (2020).

@DIVHUMPOL

 Advertisement Here
 Advertisement Here