-->

Pelaku Balap Liar Tunggang Langgang Didatangi Tim Operasi Gabungan Malang Kota



Malang  – Fbinews

Polresta Malang Kota gelar Operasi Gabungan untuk mencegah aksi balap liar pada Jumat (31/03/2023) dini hari.


Operasi Gabungan itu melibatkan Satlantas, Sat Samapta Polres Malang Kota, Dishub Kota Malang, dan Kodim 0833/Kota Malang. Sejumlah pihak yang tergabung dalam operasi ini mendatangi beberapa titik yang sering jadi arena balap liar salah satunya lokasi balap liar berada di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Blimbing.


Petugas yang melakukan operasi sempat kucing-kucingan dengan para pelaku saat menyisir Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Letjen S.Parman, Jalan Besar Ijen hingga Jalan Raya Mayjen Sungkono.


Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Akhmad Fani Rakhim mengatakan, pihaknya langsung bergerak cepat saat mendapat laporan terkait aksi balap liar. Setelah mendapat laporan, Polresta Malang Kota kembali menyisir Jalan Ahmad yani hingga Jalan Letjen S. Parman.


“Ternyata benar, kami berhasil mengamankan 18 motor beserta para pelaku balap liar. Langsung kami bawa ke Polresta Malang Kota,” ungkap Fani.


Fani menegaskan, para pelaku yang terbukti melakukan balap liar diduga masih duduk dibangku pelajar dan masih di bawah umur.


“Para orang tua, keluarga, atau guru kami panggil. Para pelaku kami minta membuat surat pernyataan dan wajib melepas knalpot brong di motornya,” tambah Fani.


Setelah knalpot brong dilepas dan diganti sesuai standar, pemilik bisa langsung membawa pulang kendaraannya.


“Sebelum dibawa pulang, pemilik harus bisa menunjukan surat-surat kendaraan terlebih dulu,” kata Kasat Lantas Polresta Malang Kota.


Ia pun mengimbau masyarakat Malang agar tidak melakukan balap liar karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.


“Kami mengajak para pemuda melakukan suatu hal positif, terlebih saat ini bulan Ramadan,” tegasnya.


Salah satu hal positif yang bisa dilakukan para pengguna jalan adalah sama-sama menjaga keselamatan dan ketertiban lalu lintas. Pasalnya jalan raya adalah tempat umum dan saling bertoleransi untuk menghargai sesama pengguna jalan.

** 

 Advertisement Here
 Advertisement Here