-->

Pesan Kerukunan Dalam Ultah TITD Hok Sian Kiong Kota Mojokerto Ke-200



Mojokerto - Fbinews

Kirab Ritual dan Budaya 2023 dalam rangka memperingati HUT Ke-200 TITD Hok Sian Kiong sekaligus Hari Lahir Makco Thiang Sang Sheng Mu ke 1.063, Minggu (14/5/2023) berlangsung sangat meriah. Kirab ini diikuti oleh 51 kelenteng dari berbagai kota di pulau Jawa, Kalimantan dan Bali. 


Walikota Mojokerto Ika Puspitasari bersama jajaran Forkopimda dan pantia memberangkatkan kirab dari Kelenteng Hok Sian Kiong, Jalan PB Sudirman, Kota Mojokerto yang selanjutnya berjalan sejauh 3,9 kilometer membedah Kota Mojokerto. 





Adapun rute yang dilalui adalah dari Kelenteng Hok Sian Kiong menuju Jalan Letkol Sumarjo, jalan Ahmad Yani, jalan Majapahit, jalan Bhayangkara, jalan Gajah Mada, jalan HOS Cokroaminoto, jalan KH. Ahmad Dahlan, jalan Karyawan Baru, jalan Niaga, jalan PB. Sudirman dan kembali  ke Kelenteng Hok Sian Kiong. 


"Ritual budaya pada tahun 2023 Ini adalah sebuah ritual budaya yang bisa mempersatukan berbagai latar belakang baik etnis, budaya, agama, ras, suku. Namun seluruh kebhinekaan itu tetap bisa menyatu dengan harmonis dan penuh kekeluargaan di Kota Mojokerto. Ini sebagai wujud bahwa Kota Mojokerto adalah kota yang harmonis, kota yang aman, kota yang nyaman, kota yang damai bagi siapa saja untuk tinggal dan berdomisili di dalamnya," ungkap Walikota Mojokerto. 


Kirab ini membawa patung dewa yang ditandu oleh masing-masing perwakilan Kelenteng. Termasuk patung Makco Thiang Shang Seng Mu yang menjadi dewa tuan rumah dari kelenteng Hok Sian Kiong. Kirab juga dimeriahkan dengan atraksi liang-liong, barongsai, bantengan dan drum band. Tidak ketinggalan, juga terlihat rombongan para tokoh lintas agama turut memeriahkan kirab ini. 


"Kami menyelenggarakan acara ini adalah menambah semangat persatuan toleransi beragama dan melestarikan budaya di Kota Mojokerto," ungkap Suryanto selaku ketua panitia.

(Agus Buyut) 

 Advertisement Here
 Advertisement Here