-->

Gelar FGD, ABB DIY Deklarasi Anies Rasyid Baswedan Capres 2024 serta Tolak UU Cipta Kerja


SLEMAN, FBINEWS

Aliansi Buruh Bersatu (ABB) DIY menolak Undang-undang (UU) cipta kerja yang banyak merugikan pekerja buruh, serta mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Rasyid Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres) RI di pilpres 2024.

Sudah beberapa kali pemerintah mengeluarkan aturan baik itu UU, Perppu juga keputusan Menteri bidang ketenagakerjaan semua itu tidak berpihak kepada buruh yang mengakibatkan perlindungan dan kesejahteraannya semakin terhimpit.



Hal itulah yang diucapkan Ketua Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) DIY Dani Eko Wiyono
Pada saat acara Forum Group Diskusi (FGD) di GOR Pangukan Sleman. Minggu (9/7/23)

Dani menegaskan itupun Masih ditambah lagi oleh aturan Pemerintah melalui Menteri Tenaga kerja dan Menteri Keuangan dengan munculnya Permenaker No 5 Tahun 2023 tentang upah boleh dipotong 25 persen bagi perusahaan padat karya orientasi ekspor dan UU No 7 Tahun 2021 tentang tarif PPN yang semula 10 menjadi 11 persen ditambah dengan kenaikan BBM lengkap sudah kesulitan pekerja buruh.

"Inilah yang mendasari bahwa kita memerlukan pemimpin yang peduli terhadap Pekerja Buruh dan Masyarakat. Untuk itu Kami sepakat untuk mendukung Anies Rasyid Baswedan sebagai Presiden RI periode 2024-2029,"tegas Dani

Sementara itu Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) DIY Ruswadi S.H mengatakan bahwa saat ini Pemerintah masih menggodok RUU Kesehatan yang indikasi nya berpengaruh kepada Pekerja Buruh dan Masyarakat.

"Dengan digodok nya RUU kesehatan, tembakau sebagai bahan dasar pembuatan rokok dikatagorikan setara dengan narkotika dan psikotropika yang artinya tembakau, produk nya dan aktivitas pekerjanya semua ilegal,"jelasnya.

"Dari hal itulah ABB DIY meminta pemerintah untuk membatalkan dan mencabut UU No 22 Tahun 2022 cipta kerja, mencabut permenaker No 5 Tahun 2023, Tinjau kembali RUU kesehatan, ciptakan dan perluas lapangan kerja tanpa mengurangi kesejahteraan buruh yang sudah ada, hentikan dan batasi mendatangkan TKA,"pungkasnya 

Selesai rangkaian acara 
ABB DIY yang terdiri dari, DPD KSPSI, PD FSP NIBA, GIP, PD FSP TSK SPSI, PD PGSI, PD PAREKRAF, FBI, DPD SPN, APTI dan KSBSI, melaksanakan deklarasi serta mendesak Pimpinan DPP serikat pekerja lainnya dijakarta untuk segera mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Rasyid Baswedan sebagai Capres RI di pilpres 2024. (Apy)

 Advertisement Here
 Advertisement Here