-->

Karo Ops Polda Kalsel Dan Kapolres Banjarbaru Berjibaku Padamkan Karhutla Di Liang Anggang



Banjarbaru - Fbinews

Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Nurhandono, S.I.K., S.H., didampingi Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., terjun langsung ke lapangan untuk melaksanakan pengecekan, pembasahan TKP dan penanggulangan Karhutla di Wilkum Polres Banjarbaru, Jum'at (28/07/2023) siang.


Berdasarkan pantauan di lapangan, Karhutla tersebut terjadi di daerah Jl. Awang Peramuan Kel. Landasan Ulin Selatan Kec. Liang Anggang Kota Banjarbaru.


"Untuk saat ini dari pantauan satelit terdapat 4 titik panas yang ada di Wilkum Polsek Liang Anggang yaitu Jl. Pinguin Kel. Landasan Ulin Tengah, dua lokasi di daerah Kel. Landasan Ulin Selatan, dan yang kami datangi pada hari ini yakni di Jl. Awang Peramuan Kel. Landasan Ulin Tengah," ucap Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah.




Kapolres melanjutkan, situasi terkini di lokasi Karhutla sudah dapat teratasi dan beberapa sedang dalam proses pendinginan. Saat ini juga telah diupayakan pemadaman dengan pembasahan sisa-sisa kebakaran kemarin karena titik api berada jauh serta belum bisa dijangkau.


"Sekarang ini sedang dalam proses pendinginan dan juga pembasahan, dari 4 titik lokasi kebakaran memiliki kesamaan struktur lahan yaitu lahan yang terbakar merupakan lahan kosong tanah rawa / tanah gambut berupa hutan dan semak-semak yang ditumbuhi tumbuhan liar seperti pohon galam, rerumputan tebal serta tumbuhan liar yang tidak digarap," ujarnya.


AKBP Dody Harza mengatakan, sebagian asap yang muncul saat ini bukan lagi akibat kebakaran melainkan disebabkan dari proses penyemprotan air untuk pembasahan, dirinya bersama dengan Karo Ops Polda Kalsel, para PJU Polres Banjarbaru serta Personel gabungan dari Polres Banjarbaru dan Kodim 1006/Banjar juga nampak berjibaku untuk melakukan proses pendinginan di Jl. Awang Peramuan hari ini tadi.


"Tidak jarang dalam beberapa kesempatan Personel kami juga harus dihadapkan dengan situasi dimana lokasi Karhutla memiliki medan yang cukup berat untuk dilalui ataupun jauhnya sumber air yang akan digunakan untuk melakukan pemadaman, namun hal tersebut bukan menjadi kendala bagi kami karena berkat kerja keras dan sinergitas dengan semua pihak segala halangan yang ada bisa teratasi secara menyeluruh," jelasnya.


Selain itu Kapolres juga mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya juga sangat terbantu berkat adanya kerja sama yang solid dengan TNI, BPBD, BPK dan elemen masyarakat lainnya.


"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi kepada unsur TNI, BPBD, BPK serta semua elemen yang selama ini telah bersinergi di lokasi untuk bersama-sama melakukan pemadaman Karhutla di Kota Banjarbaru, sekali lagi saya ucapakn terima kasih," ucapnya.


Sebagai informasi, dari beberapa kejadian Karhutla, beberapanya memang belum diketahui pemilik dari lahan yang terbakar itu. Oleh karenanya Polres Banjarbaru mengambil langkah penegakan hukum melalui kegiatan penyelidikan maupun penyidikan yang dilaksanakan oleh Sat Reskrim Polres Banjarbaru.


"Oleh karenanya saya perintahkan jajaran Reskrim dari tingkat Polres hingga Polsek jajaran untuk selidiki, tindak tegas dan proses hukum apabila ada korporasi maupun individu yang mencoba membuka lahan dengan cara dibakar, jangan coba-coba, karena ini sudah merugikan banyak orang, pasti akan saya lakukan penindakan sesuai Undang-Undang yang berlaku," pungkasnya.

**


 Advertisement Here
 Advertisement Here