-->

Kapolri dan Panglima TNI Memimpin Apel Pasukan untuk Pengamanan KTT ASEAN

 



Jakarta - FBINEWS 


Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT ASEAN ke-43 di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023).


Dalam sambutannya, Panglima TNI Yudo menyatakan bahwa apel ini bertujuan untuk melakukan pengecekan kesiapan personel yang akan menjaga keamanan KTT ASEAN.




"Akan kita laksanakan pengecekan kesiapan, materil, personel, maupun sarana dan prasarana yang digunakan dalam kegiatan pengamanan KTT ASEAN ke-43," ujar Panglima TNI Yudo.


Sebagai inspektur upacara, Yudo menegaskan bahwa gelar pasukan ini adalah bukti komitmen pasukan keamanan Indonesia dalam mengamankan pelaksanaan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta.


"Pengecekan bukan formalitas saja, merupakan wujud komitmen sebelum pelaksanaan tugas," kata Yudo.


Panglima TNI Yudo juga menekankan perbedaan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta dengan KTT ASEAN sebelumnya di Labuan Bajo, NTT. Kehadiran para pimpinan negara ASEAN dan negara-negara mitra ASEAN membuat perhelatan KTT kali ini menjadi lebih signifikan.


Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan personelnya untuk menjalankan operasi pengamanan dengan pendekatan yang humanis.


"Operasi pengamanan ini menjadi pertaruhan pengamanan Indonesia di mata internasional, patuhi SOP, humanis namun tegas, jauhi segala bentuk penyimpangan," kata Kapolri Sigit.


Apel gelar pasukan merupakan rangkaian akhir dari kesiapan pengamanan KTT Ke-43 ASEAN, yakni TNI mengerahkan komando tugas gabungan pengamanan (Kogasgab PAM) sebanyak 13.158 personel pengamanan gabungan, sedangkan Polri mengerahkan sebanyak 6.182 personel dalam Operasi Tri Brata Jaya 2023. Operasi pengamanan KTT ASEAN ke-43 diberi nama sandi Operasi Tribrata Jaya.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here