-->

Panglima TNI dan Kapolri: Pengamanan KTT ASEAN Berjalan Lancar dan Terkendali

 




Jakarta - FBINEWS 


Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, bersama Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, serta jajaran pejabat utama TNI-Polri, telah mengawal dengan sukses pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jalan Merdeka Barat, Jakarta.


Panglima TNI melaporkan bahwa secara keseluruhan pengamanan acara pokok KTT ASEAN ke-43 berjalan dengan aman dan sukses. Keberhasilan ini dapat dicapai berkat kerja sama yang erat antara TNI, Polri, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN), serta instansi terkait lainnya yang berkoordinasi dengan baik.


"Alhamdulillah, sampai siang ini, mulai dari awal hingga siang ini, kita dapat mengendalikan semua kegiatan keamanan untuk Penjagaan, Pengamanan, dan Pengendalian KTT ke-43 ASEAN ini dengan lancar," ungkap Panglima TNI pada Kamis (7/9/23).


Meskipun pengamanan telah berlangsung lancar, Panglima TNI menyatakan bahwa pengamanan akan tetap berlanjut hingga tanggal 9 September 2023. Hal ini disebabkan karena masih ada kepulangan para delegasi dan beberapa acara tambahan yang akan berlangsung hari ini dan besok.


Panglima TNI menegaskan bahwa tidak ada kendala maupun ancaman yang signifikan selama pengamanan KTT ke-43 ASEAN. Keberhasilan ini juga merupakan hasil dari dukungan dan kerjasama yang kuat dari masyarakat.


Pernyataan senada juga disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Sigit menyatakan pengamanan KTT ASEAN berjalan terkendali.


"Baru saja kita melaksanakan pemantauan langsung dari Puskodalsis Mabes TNI, sebelumnya kita melaksanakan kegiatan pemantauan langsung dari command centre yang ada di Polri untuk memastikan bahwa pemantauan kemudian kerja sama di lapangan pengendalian kendali operasi terkait dengan pembagian ring yang ada, di mana ada ring 1 yang berada di dalam lokasi, ring 2, dan kami khususnya yang bertanggung jawab di ring 3 betul-betul bisa bekerja sama dengan baik," ujar Sigit.


"Sehingga kemudian itu menjadi satu rangkaian kegiatan pengamanan yang tentunya menjadi tanggung jawab kita kerja sama," sambung dia.


Sigit mengatakan pengamanan juga berjalan lancar saat acara jamuan makan malam kemarin. Gala dinner KTT ASEAN itu memang mendapat perhatian dari banyak pihak.


"Alhamdulillah kegiatan tadi malam pun yang merupakan salah satu kegiatan yang tentunya menjadi perhatian pada saat gala dinner semuanya berjalan dengan aman," ujar Sigit.


Panglima TNI dan Kapolri memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengamanan KTT ASEAN ke-43. Mereka menyatakan bahwa pengamanan ini berjalan dengan lancar dan aman berkat kerja keras dan koordinasi yang baik dari berbagai pihak.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here