-->

Perwakilan Dewan Pers Gelar Rapat Koordinasi dengan Instansi Mengukur Kondisi Kemerdekaan Pers di Indonesia


 

Bandung - FBINEWS 


Perwakilan anggota Dewan Pers menggelar rapat koordinasi bersama para pimpinan dari masing-masing intansi terkait, di Ballroom hotel 1o1 Dago - Bandung, Kamis (19/10/2023).


Rapat ini dihadiri oleh Dandim Tabes Bandung, Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Jabar (mewakili Kabid Humas), dan juga perwakilan dari beberapa intansi terkait.


Dalam rapat tersebut, perwakilan Dewan Pers menyampaikan di sampaikan Survei Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) Indonesia yang diselenggarakan Dewan Pers dimaksudkan untuk mengetahui dan memonitor kondisi kemerdekaan pers di Indonesia dari tahun ke tahun, sehingga dapat diidentifikasi faktor-faktor yang menghambat kemerdekaan pers sebagai bahan kajian bagi upaya perbaikan ke depan.


Berdasarkan hasil Survey Kemerdekaan Pers Tahun 2023, Jawa Barat menduduki peringkat ke 2 tertinggi, kondisi kemerdekaan persnya. Kondisi ini tentunya menjadi bagian apresiasi Dewan Pers kepada jajaran pimpinan kepala daerah yang selama ini telah berperan aktif dalam mendukung terwujudnya kemerdekaan pers di Propinsi Jawa Barat.


Nilai IKP Jawa Barat 2023 sebesar 83,02 (Cukup Bebas); lebih tinggi dari nilai IKP Nasional yang mencapai 71,57 (Cukup Bebas). Nilai 83,02 diperoleh dari nilai Lingkungan Fisik Politik (84,61), Lingkungan Ekonomi (82,14), dan Lingkungan Hukum (80,75). Dibanding tahun 2022 (81,53), IKP Jawa Barat 2023 naik 1,49 poin.


Rapat koordinasi ini berjalan lancar dan tertib. Perwakilan Dewan Pers berharap, kerja sama yang baik antara Dewan Pers dan intansi terkait dapat terus terjalin, sehingga kemerdekaan pers di Jawa Barat dapat terus terjaga dan ditingkatkan.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here