-->

Polres Malang Selidiki Dugaan Korupsi Pengadaan Vaksin PMK, 2 Saksi Diperiksa




Malang - FBINEWS



Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, tengah melakukan penyelidikan terkait dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi dalam pengadaan Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Tahun Anggaran 2022-2023 di Kabupaten Malang. Dalam upaya mengungkap kebenaran kasus ini, pihak kepolisian akan bekerja sama dengan Inspektorat Pemerintah Kabupaten Malang jika terdapat indikasi tindak pidana korupsi yang kuat.


Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polres Malang, AKP Wahyu Rizki Saputro, mengatakan hingga saat ini pihaknya telah memeriksa dua orang saksi terkait dugaan tindak pidana korupsi ini. Kedua saksi yang telah diperiksa adalah Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Eko Wahyu Widodo, serta Bendahara Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.


"Kami sudah memeriksa dua orang, yakni kepala dinas dan bendahara," kata AKP Wahyu Rizki Saputro di kantor Polres Malang, Senin (23/10/2023).


Kasatreskrim menjelaskan bahwa penyelidikan akan terus berlanjut, dan kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap dua saksi lain yang mengetahui alur anggaran terkait kasus ini di wilayah Kabupaten Malang.


"Saat ini kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus ini," tambahnya.


Wahyu juga menyebutkan bahwa pihaknya belum dapat memastikan besarnya kerugian negara akibat dugaan korupsi tersebut. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan pendalaman lebih lanjut terkait audit dan pemeriksaan untuk menentukan apakah indikasi tindak pidana ini mengarah kepada suap atau pungutan liar (pungli).


Seperti diketahui, pada tahun 2022, wilayah Kabupaten Malang beserta sejumlah wilayah di Jawa Timur menghadapi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti puluhan ribu ternak. Sebagai tindakan preventif, pemerintah daerah melakukan penyuntikan vaksin PMK ke hewan-hewan yang terindikasi terpapar penyakit ini.


Dampak penyebaran virus PMK, Pemerintah Kabupaten Malang bahkan terpaksa harus menutup sejumlah pasar hewan sebagai upaya menekan peredaran penyakit yang disebabkan oleh virus aphthovirus tersebut.Penyelidikan yang tengah berlangsung diharapkan akan mengungkap fakta-fakta terkait dugaan korupsi dalam pengelolaan anggaran vaksin PMK yang disalurkan

untuk penanganan wabah tersebut.


Kepolisian Resor Malang berkomitmen untuk mengungkap kasus dugaan korupsi ini dengan transparansi dan profesionalisme. Semua pihak yang terlibat dalam kasus ini akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.(u-hmsresma).*

 Advertisement Here
 Advertisement Here