-->

Menanti Detik-Detik Kelahiran Pasar Seni Mojokerto



Mojokerto - FBINEWS 


Akhir tahun 2023 masyarakat Mojokerto Raya akan mendapatkan kado istimewa dari Pemerintah Kota Mojokerto. Kado ini berupa dibukanya Pasar Seni Mojokerto (PSM) yang ditempatkan di Rest Area Gunung Gedangan, jalan By Pass Kota Mojokerto. 


Rencananya dalam Pasar Seni Mojokerto (PSM) ini akan digelar karya-karya perupa Mojokerto Raya yang berupa lukisan, patung dan kriya. 


"Terkait dengan lokasi, saya sudah diskusi sebelumnya dengan pak Yuhan bahwa Rest area GG (Gunung Gedangan) yang sisi utara itu memang bisa nanti difungsikan untuk galeri seni," jelas Ning Ita, panggilan akrab Walikota Mojokerto saat makan siang bersama para perupa Mojokerto Raya, Sabtu (18/11/2023). 


Pasar Seni Mojokerto (PSM) dipastikan akan menjadi istimewa karena menggelar karya dari seniman-seniman yang sudah memiliki nama besar seperti Putut Nugroho dan Mpu Harrys. Baik Putut Nugroho maupun Mpu Harrys adalah seorang seniman Indonesia yang karyanya sudah banyak di koleksi oleh kolektor di luar negeri. Hanya bedanya Putut Nugroho adalah seorang seniman patung sedang Mpu Harrys adalah pelukis. 


Selain kedua seniman itu, ada juga nama Mas Rony, Priyok Dynasty serta Nathalia seorang pelukis wanita Kota Mojokerto yang sering mengangkat karya dengan tema bangunan kuno. 


Tidak ketinggalan Basuni, Heru Jetis, Ebiet, Supoyo, Fatah, Herry, Afrin, Wenang, Mas Boy, Rahmat, Yudhis, Agus Buyut, Mbak Susi, Anik,  Denny dan Suwarno. Kedepan dipastikan masih akan banyak pelukis-pelukis lain yang bergabung dalam Pasar Seni Mojokerto (PSM) ini. 


"Pembukaan diperkirakan antara tanggal 6 sampai 9 Desember 2023, yaitu setelah dilakukan study banding tanggal 3 sampai 5 Desember 2023," ungkap Putut Nugroho yang merupakan ketua Umum paguyuban Pasar Seni Mojokerto . 


Dipilihnya Rest Area Gunung Gedangan sebagai tempat Pasar Seni Mojokerto (PSM) ini karena sangat luas dan strategis. Rest Area Gunung Gedangan mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Karena selain dilewati bus antar kota/antar provinsi juga terdapat halte bus Trans Jatim jalur Mojokerto - Surabaya dan jalur Mojokerto - Gresik. 


Kedepan kegiatan di Pasar Seni Mojokerto (PSM) tidak hanya untuk transaksi karya, juga akan digelar kegiatan yang bersifat edukasi dan lomba seperti lomba lukis, lomba mewarnai serta bimbingan melukis bagi pemula.



(Agus Buyut)

 Advertisement Here
 Advertisement Here