-->

Pekan Budaya Majapahit 2023 Sebagai Refleksi Jati Diri Bangsa Dan Penguat Ekonomi Masyarakat


 

Mojokerto - FBINEWS


Pekan Budaya Majapahit 2023 digelar pertama kali di Kota Mojokerto. Hajat pemerintah provinsi Jawa Timur ini berkaitan dengan hari jadi provinsi Jawa Timur ke-78 yang bertepatan juga dengan hari pahlawan yaitu digelar mulai hari Jum'at tanggal 10 sampai Kamis 16 November 2023. 


Hajat ini dilaksanakan di lapangan Raden Wijaya jalan raya Surodinawan Kota Mojokerto. Ada banyak sekali kegiatan yang ditampilkan seperti; ludruk semar mesem, teatrikal panji, ludruk arek, seni ujung, wayang milenial, wayang beber, wayang krucil, bantengan Majapahit, festival nasi bakar, festival canting, kirab budaya Majapahit, tari dolanan, kotekan lesung, tari tradisional dan tari garapan. 


Kegiatan dan pertunjukan dalam Pekan Budaya Majapahit 2023 ini seolah menampilkan potret kehidupan masyarakat Kota Mojokerto dimasa lalu yang sarat dengan nilai luhur. Karena mencerminkan tentang kebersamaan, kerukunan di berbagai hal seperti antar etnis, agama dan lain-lain. 


Catatan sejarah sendiri menyatakan bahwa kehidupan masyarakat Kota Mojokerto pernah mengalami masa keemasan pada masa kerajaan Majapahit. Pada masa tersebut walau memiliki banyak keberagaman, namun memiliki persatuan yang kuat hingga membawa dampak bagi kejayaan kerajaan Majapahit. Kerajaan ini memiliki kekuasaan hingga ratusan tahun serta wilayah kekuasaan yang sangat luas yaitu Nusantara. 


"Narasi Nusantara yang dimunculkan dari kerajaan Majapahit sebagai perekat dan pemersatu bangsa melalui Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrua yang diambil dari kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular, kita sebagai warga Jawa Timur dan ini khususnya adalah kota Mojokerto memiliki tugas untuk terus menjaga kesatuan dan persatuan bangsa" ungkap Plt. Kadisbudpar Provinsi Jawa Timur, Eddy Supriyanto. 


Tentu saja gelaran ini bukan  berarti untuk mengajak masyarakat kembali pada pola-pola hidup kuno. Namun untuk menggali, meneladani dan mengembangkan nilai-nilai positif bangsa di masa lalu agar menjadi kekuatan karakter masyarakat masa sekarang yang tetap berbudi pekerti. 


Hal ini dirasa sangat penting mengingat  pola-pola kehidupan modern saat ini cenderung membawa pada pembentukan perilaku manusia yang individu dan tidak peduli pada keadaan sekitarnya. 


Bagi masyarakat Kota Mojokerto sendiri gelar Pekan Budaya Majapahit 2023 ini juga memiliki dampak yang sangat positif pada sisi ekonomi. Upaya mendorong berbagai event-event budaya bisa terus dilaksanakan dan bekerjasama dengan berbagai pihak. Termasuk event Pekan Budaya Majapahit yang diletakkan di Kota Mojokerto saat ini diharapkan kedepan akan menjadi Event tahunan yang diselenggarakan pemerintah provinsi Jawa Timur dan diletakkan di Kota Mojokerto karena jelas ini akan sangat membantu perputaran ekonomi masyarakat. 


"Pada akhir Desember 2022 pertumbuhan ekonomi Kota Mojokerto sudah di atas nasional yaitu 5,56% dan kami optimis di akhir tahun 2023 dengan masuknya event-event pariwisata yang berdampak seperti ini maka ekonomi Kota Mojokerto akan tumbuh lebih signifikan." jelas Walikota Mojokerto Ika Puspitasari.



(Agus Buyut)

 Advertisement Here
 Advertisement Here