-->

Rapat Pengelolaan dan Pendistribusian Logistik Pemilu, Polrestabes Semarang Pastikan Logistik Sampai Tujuan

 



Semarang - FBINEWS 


Tujuan utama dari rapat kerja ini adalah untuk membahas dan merencanakan dukungan keamanan yang diperlukan untuk pengelolaan logistik dan distribusi pemilu 2024 di Kota Semarang. Rapat kerja yang dipenjurui oleh KPU Kota Semarang menggundang Polrestabes Semarang di Ballroom Hotel Aston Inn Semarang, Sabtu (2/12/2023).


Acara yang dihadiri kurang lebih 100 tamu undangan, turut menghadirkan seluruh pemangku kepentingan seperti Ketua KPU Kota Semarang, Bawaslu, Dandim 0733 Semarang, Asisten Administrasi Kota Semarang, Kesbangpol Kota Semarang, para Kapolsek, para Danramil dan Ketua PPK serta Camat se-Kota Semarang .


Kapolrestabes Semarang melalui Wakasatsampta Polrestabes Semarang Kompol R. Yustinus yang menjadi narasumber memberikan informasi mengenai situasi daerah dan potensi kerawanan yang ada.


Kota Semarang memiliki 16 kelurahan, 177 kelurahan, 1.518 RW, dan 10.441 RT. Potensi kerawanan yang perlu dibenahi antara lain konflik internal partai politik, perpecahan masyarakat akibat politik identitas, berita hoax di media sosial, bentrokan fisik antar pendukung, dan prosesi pendukung pasangan calon.


Untuk menjamin pemilu yang aman dan damai, polisi menerapkan sistem Pendinginan aktif. Hal ini akan melibatkan mobilisasi Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda untuk mendorong ketenangan dan persatuan di antara masyarakat. Selain itu, melaui deklarasi damai dengan para pemangku kepentingan dan partai politik yang ikut serta dalam pemilu, untuk memastikan komitmen mereka terhadap pemilu yang aman dan damai.


Patroli dan penjaga akan ditempatkan di Kantor Penyelenggara Pemilu untuk mencegah akses tidak sah atau gangguan pada logistik pemilu. Polri akan bertanggung jawab memberikan pengamanan dan pengendalian logistik selama proses pencetakan, penyimpanan, dan distribusi. Pengawalan logistik akan dilakukan oleh Sat Samapta, Sat Lalu Lintas, atau Polsek – polsek dengan menggunakan R4 atau R2 dari KPU ke PPK. sedangkan dari PPS ke PPS dilakukan oleh Pengamanan TPS.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here