-->

Kakorlantas: Sinergi dan Kolaborasi Kunci Keberhasilan Mudik Lebaran 2024



Jakarta.- FBINEWS 

Dalam rangka menghadapi arus lalu lintas pada Mudik Lebaran 2024, Korlantas Polri membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pengelolaan Arus Lalu Lintas Mudik-Balik Lebaran 2024 di Hotel Borobudur, Selasa (5/3/2024).

Rapat yang digelar bersama dengan stakeholder seperti Dirjen Perhubungan Darat, Dirjen Bina Marga dan Jasa Raharja mengusung tema “Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju”.

“Hari ini kita melakukan rapat koordinasi untuk menyamakan persepsi tindaklanjut dan mengecek kesiapan dari seluruh stakeholder terkait dengan pengelolaan arus mudik dan arus balik di tahun 2024,” ujar Kakorlantas Polri.

“Hasil evaluasi dan hasil survei ada beberapa kemungkinan potensi terjadi pelambatan yang pertama rest area, kedua bottle neck di ruas Jakarta Cikampek ke Cipali, Cipali di KM 87 kemudian di pertemuan Cisumdawu ini kemungkinan ada terjadi bottle neck sehingga itu menjadi perhatian kita,” tegasnya.

Selain itu, pada saat puncak arus lalu lintas akan dilakukan pengaturan arus yang menuju ke penyeberangan terutama penyeberangan Merak Bakauheni-sebaliknya, kemudian penyebaran Ketapang Gilimanuk-sebaliknya.

“Kita akan terapkan sistem penundaan perjalanan atau delay sistem, kemudian di Merak kita akan buka beberapa pelabuhan untuk menuju ke Sumatera yang pertama Merak sebagai Pelabuhan utama akan melayani kendaraan pribadi, angkutan bus atau angkutan umum,” jelas dia.

Pembatasan operasional angkutan barang sumbu tiga ke atas juga akan dilakukan, namum pengecualian untuk angkutan bahan pokok, kebutuhan dan BBM.

“Pembatasan operasional angkutan barang tertentu sumbu tiga ke atas dan ada beberapa pengecualian untuk bahan pokok, bahan sehari-hari masyarakat dan BBM itu kita kecualikan itu pelaksanaannya di jalan tol maupun di jalan arteri,” ungkap Irjen Aan

Oleh karena itu, dengan adanya cara bertindak yang disiapkan dan kolaborasi dan sinergi antar stakeholder menjadi kunci keberhasilan dalam kelancaran arus mudik dan balik tahun 2024.

“Kita sudah membuat cara bertindak yang akan kita lakukan melihat keberhasilan pengelolaan arus mudik dan balik tahun lalu kita sepakat bahwa kolaborasi dan sinergi stakeholder, seluruh masyarakat menjadi kunci keberhasilan, kunci kelancaran dan kunci keselamatan dalam masa arus mudik dan balik,” pungkasnya.

 Advertisement Here
 Advertisement Here