-->

Lurah Elvin Membawa Kelurahan Pulorejo Panen Juara Dalam Berbagai Lomba



Kota Mojokerto - FBINEWS

Pulorejo merupakan salah satu kelurahan yang berada di kota Mojokerto. Letaknya paling barat dan berbatasan dengan wilayah kabupaten Mojokerto. Untuk sisi selatan berbatasan dengan kelurahan Blooto dan sisi timur berbatasan dengan kelurahan Mentikan serta kelurahan Kauman. Pada sisi utara kelurahan Pulorejo tepat berada di tepian sungai Brantas.

Wilayah kelurahan Pulorejo sendiri di belah oleh kali Ngotok yang mengalir dari barat ke timur. Pulorejo bagian utara dan selatan sungai Ngotok dihubungkan melalui jembatan Rejoto. Saat ini jembatan Rejoto sedang viral. Setiap senja hari ratusan orang asyik nongkrong untuk menanti indahnya matahari yang sedang tenggelam.

Sambil menikmati indahnya panorama senja mereka bisa berwisata kuliner yang banyak tersedia ditempat itu. Saat ini di area sekitar jembatan Rejoto juga sedang di bangun tempat wisata yang bernama Taman Bahari Majapahit. Kedepan di Taman Bahari Majapahit ini akan ada banyak daya tarik pariwisata yang disuguhkan seperti wisata petik jeruk dan susur sungai.

Letaknya yang berdekatan dengan sungai membuat kelurahan Pulorejo memiliki tanah yang subur. Sekitar tahun 70 an kelurahan Pulorejo pernah menjadi pemasok utama sayuran ke pasar Tanjung di kota Mojokerto. Waktu itu tomat dari kelurahan Pulorejo terkenal berkwalitas baik. Namun saat ini pertanian di Kelurahan Pulorejo lebih didominasi dengan tanaman tebu.

Sebagaimana kehidupan di kota Mojokerto, masyarakat kelurahan Pulorejo juga sangat beragam namun rukun dan sangat kompak. Keamanan yang kondusif membuat jalannya pembangunan bisa berjalan sangat pesat. Terbukti dengan berbagai penghargaan yang telah diterima oleh kelurahan Pulorejo.

Sebut saja kelurahan Pulorejo sebagai juara 1 lomba budidaya magot tingkat kecamatan Prajurit Kulon kota Mojokerto 2023. Juga juara 1 festival Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se kota Mojokerto 2023. Dan disusul meraih juara 1 dalam lomba gotong-royong kelurahan terbaik tingkat kecamatan Prajurit Kulon dalam rangka bulan bhakti gotong-royong masyarakat tahun 2024 di kota Mojokerto.

Semua prestasi itu tidak lepas dari kepemimpinan seorang Elvin Rulianto yang merupakan lurah Pulorejo. Memang semenjak kepemimpinannya kelurahan Pulorejo mengalami kemajuan yang pesat serta banyak merebut juara dalam berbagai lomba.

Menurut Elvin kuncinya adalah niat. Terus saling menghargai sesama warga dan kebersamaan. Jadi dibutuhkan guyup rukun masyarakat untuk pembangunan di kelurahan Pulorejo. 

"Rencana kedepan saya ingin kelurahan Pulorejo ini memiliki daya tarik tersendiri yang bisa diakui secara nasional," ungkap Elvin saat ditemui di kantornya, Rabu (6/3/2024).

Sedangkan untuk lebih meningkatkan perekonomian masyarakat Pulorejo Elvin ingin ada semacam marketplace yang khusus menangani UMKM di kelurahan Pulorejo. Termasuk juga ada pelatihan kerja bagi anak lulus sekolah. Jadi mereka bisa ada pekerjaan dan punya penghasilan.

"Untuk pembangunan yang terus maju di kelurahan Pulorejo saya berharap masyarakatnya selalu kompak, menjaga silaturahmi, lingkungannya bersih dan aman," lanjut Elvin.

Di kelurahan Pulorejo juga terdapat banyak potensi unggulan. Ada produk cetakan kue cor aluminium yang sudah dipasarkan di seluruh Indonesia. Ada produk berbagai olahan kelor seperti teh kelor, mie kelor dan kue kering kelor. Poduk-produk unggulan ini bisa menjadi oleh-oleh bagi mereka yang berkunjung ke kelurahan Pulorejo.

Kelurahan Pulorejo juga memiliki kesenian reog dan jaranan Eyang Macan Putih. Pada waktu-waktu tertentu kesenian reog dan jaranan Eyang Macan Putih menampilkan atraksinya yang bisa di tonton oleh masyarakat secara langsung.

Bagi mereka yang berniat menikmati suasana kampung di kelurahan Pulorejo dalam beberapa hari bisa memanfaatkan home stay maupun kost yang tersedia untuk menginap. Dengan banyaknya keunggulan tersebut maka oleh Provinsi Jawa Timur kelurahan Pulorejo ditunjuk sebagai desa wisata.


(Agus Buyut)

 Advertisement Here
 Advertisement Here