-->

PULUHAN WARTAWAN GELAR AKSI DI DEPAN HOTEL BUANA LIPU DESA MANDAONG KECAMATAN BACAN SELATAN



Halsel - Fbinews 

Puluhan wartawan baik media cetak, elektronik dan online serta LSM menggelar aksi demonstrasi di Hotel Buana Lippu Desa Mandaong Kecamatan Bacan Selatan Kabupaten Halmahera Selatan ( Halsel ) Maluku Utara ( Malut ) bertempat dilangsukanya pleno rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Aksi itu terkait dengan kebebasan pers pasca tidak diberikannya wartawan meliput jalanya pleno rekapitulasi di tingkat kabupaten.




“Sikap KPU ini telah belenggu kebebasan pers khususnya di Halmahera Selatan,” ujar Salah satu orator, Sahmar M Zen, dalam orasinya.

Ditegaskan, apa yang dilakukan oleh KPU Halsel tidak bisa dibenarkan, karena itu sudah jelas bertentangan dengan Undang-Undang Pers yang memberi sanksi kepada mereka yang menghalang-halangi kerja wartawan yang tertuang dalam Pasal 18 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999.

“Itu pleno terbuka, KPU seharusnya bisa memfasilitasi wartawan dalam mencari informasi untuk disajikan kepada masyarakat,” ujarnya.

“KPU Halsel harus meminta maaf, karena mencederai kebebasan pers. Kedepan paling tidak ada perwakilan dari jurnalis dan layar lebar di luar debat,” pungkasnya.

Hal yang sama dikatakan, Salah satu Wartawan media online, Amrul Doturu dalam orasinya, mengatakan, bahwa apa yang dilakukan KPU itu telah melanggar kebebasan pers, karena tidak memberikan wartawan masuk untuk mencari berita dengan alasan, wartawan wajib menunjukan surat tugas atau lainnya.

“Kebijakan KPU itu jelas tidak sesuai dengan undang-undang Pers,” katanya.
Ketua LSM Kane, Rizal Marsaoly, mengatakan, medeksak Ketua KPU Halsel supaya mundur dari jabatannya, karena tindakan yang tidak memberikan wartawan masuk dalam acara pleno terbuka rekapitulasi itu telah melukai kebebasan pers ( LM )

 Advertisement Here
 Advertisement Here