2019/01/25

Akibat Hujan Yang Cukup Deras Banyak Pondasi Rumah Warga Hampir Amblas

Tags



JAKARTA - FBINews.net

Hujan yang mengguyur Jakarta Jumat (25/1/2019) membuat kondisi tanah ambles lantaran menyerap banyak air. Akibatnya, rumah di Jalan Bambu Apus Raya, Cipayung, Jakarta Timur, nyaris ambruk.

Suratman, 48, pemilik rumah mengatakan, pondasi penopang tanah rumahnya yang terbuat dari material batu kali dan semen ambruk sekitar pukul 10.00. “Saya sudah di kantor, istri saya bilang rumahnya mau ambruk makanya saya buru-buru pulang,” katanya, Jumat (25/1).

Menurut Suratman, hampir ambruknya rumah itu karena memang pondasi rumahnya sudah berumur lebih dari 10 tahun. Ditambah lagi, hujan deras yang tejadi beberapa hari ini membuat kondisi tanah ambles sehingga berdampak ke rumahnya. “Sebelumnya enggak kenapa-kenapa. Kayaknya tanah di bawah situ mulai banyak air yang masuk ke tanah terus ngedorong pondasinya,” ungkapnya.

Atas kejadian itu, Suratman mengaku langsung menghubungi Ketua RT setempat untuk meminta bantuan. Petugas dari PPSU, Suku Dinas Tata Air dan Suku Dinas Kebersihan, akhirnya langsung datang untuk membantu memberikan penanganan awal rumahnya. “Alhamdulillah banyak petugas yang datang dan membantu,” ungkapnya.

Terkait hal itu, Plt Camat Cipayung, Mamad mengatakan, pihaknya menurunkan 30 petugas guna melakukan penanganan sementara. “Kami sifatnya hanya penanganan sementara saja agar tidak bertambah parah. Karena dikhawatirkan ambruk rumahnya,” tuturnya.

Di mana penanganan awal yang diberikan petugas adalah pada bagian sisi paling pinggir rumah, ditopang oleh kayu dan bambu. Kemudian pada bagian tanah yang amblas, dimasukan material batu-batuan sebagai penahan fondasi rumah. “Ya untuk sementara kami hanya bisa membantu begitu saja. Mudah-mudahan bisa segera cepat ditangani,” pungkasnya.

Wahyudin & Sodikin


EmoticonEmoticon