2019/01/30

Satpol PP Membongkar Bangunan Mewah Tiga Lantai Di Kebayoran Baru

Tags

JAKARTA - FBINews.net

Bangunan mewah tiga lantai di Jalan Abdul Majid , Kelurahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dibongkar paksa petugas. Tindakan tegas ini karena bangunan tersebut menyalahi izin .

Kasatpol Pamong Praja Jakarta Selatan Ujang Harmawan mengatakan, pembongkaran paksa ini karena bangunan tersebut melanggar Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sesuai rekomtek Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata), bangunan tersebut melanggar jarak bebas belakang seluas 2×10 meter.

“Jadi yang kita bongkar dak lantai dua dan tiga. Selain itu tembok bagian dalam yang tidak sesuai IMB,” kata Ujang didampingi Kepala Seksi Tramtibum Satpol PP Jaksel Luasman Manihuruk, Rabu (30/1).

Kasat Pol PP juga menambahkan surat peringatan telah diberikan kepada pemilik bangunan pada 22 November 2018 tahun lalu. Namun, tidak ada respon yang baik dari pemilik bangunan hingga dikeluarkan surat rekomendasi bongkar paksa pada 4 Desember 2018.

“Jadi dua meter yang seharusnya diberikan ruang untuk belakang bangunan, ini dibuat menyatu dengan bangunan utamanya. Jadi kita tertibkan sepanjang dua meter belakangnya,” tandasnya.

Seksi Citata Kecamatan Kebayoran Baru Isbandiyanto menyatakan, berdasarkan data dari PTSP, pemiliki memiliki tiga IMB rumah tinggal untuk tiga unit bangunan. Namun, dua bangunan yang melanggar IMB telah dibongkar sendiri oleh pemiliknya.

“Yang bagian depan melanggar GSB (garis sepadan bangunan) sudah dibongkar sendiri. Tapi satu bangunan yang melanggar jarak bebas belakang ternyata belum (dibongkar). Makanya hari ini kita bongkar paksa,” kata Isbandiyanto.

Kasie Citata Kebayoran Baru ini berharap pasca-pembongkaran pemilik segera menyesuaikan perizinan bangunannya. Jika tidak, pihaknya tidak segan-segan untuk merekomendasikan pembongkaran ulang.

Ditambah oleh Isbandiyanto, bangunan tersebut sudah dua kali kita segel karena melanggar IMB. Meski begitu pihak pemilik tetam membandel dan akhirnya diambil tindakan tegas membongkarnya. 

Panji dan Sodikin


EmoticonEmoticon