2019/02/13

Presiden Joko Widodo Menampung Semua Keluhan Eks.Karyawan PT.Preeport

Tags



JAKARTA - FBINews.net

Presiden Joko Widodo menerima perwakilan eks pekerja PT Freeport Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/2). Mereka adalah Ketua Tim Pekerja Eks Freeport Indonesia, Jerry Jerangga. Selain itu Stefen Yawan, eks operator dump truck dan Oktopia Yeimo, operator mesin. Kedatangan ketiganya untuk melaporkan nasib yang mereka alami beberapa waktu terakhir.

Usai pertemuan dengan Presiden Jokowi, Jerry Jerangga menyampaikan bahwa ia dan kawan kawan melaporkan mereka diperlakukan secara tidak manusiawi oleh PT Freeport Indonesia.  

"Kami meminta kepada Bapak Presiden untuk menindak tegas atas pelanggaran norma ketenagakerjaan terhadap kami di PT Freeport Indonesia di Papua," katanya.

Ia dan kawan kawan juga meminta kepada Presiden untuk bisa kembali bekerja. Ia juga mendesak perusahaan membayar hak-hak karyawan Freeport.

"Freeport memberlakukan kebijakan di luar peraturan perundangan yang ada di Indonesia, pelanggaran yang dilakukan adalah memberlakukan peraturan dari negara asing di negara kita," katanya.

Sebelumnya, puluhan eks karyawan PT Freeport menggelar aksi mendirikan tenda dan tidur di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat selama 6 hari. Pekerja yang telah dirumahkan itu menuntut pemerintah agar menegakkan aturan ketenagakerjaan yang dinilai telah dilanggar oleh PT Freeport.

"Kami (menuntut) mau dikembalikan bekerja. Dan juga negara harus tegas menindaklanjuti pelanggaran norma tenaga kerja yang dilakukan, itu kan pidana seharusnya. Dan selama ini belum pernah ada yang melakukan itu," ujar koordinator peserta aksi, Jerry Jarangga di lokasi Minggu (10/2).

Ucok Horlas


EmoticonEmoticon