2019/12/13

Polres Metro Depok Ungkap Trend Pelaku Curanmor Kini Menyasar Rumah Kosong


Depok – Fbinews.net

Hampir setiap minggu kejadian pencurian bermotor terjadi di wilayah hukum Polres Metro Depok terjadi.

Hal tersebut diutarakan Kasat Reskrim Polrestro Depok Kompol Deddy Kurniawan.

Menurut Kompol Deddy, trend perkembangan kejahatan saat ini khususnya curanmor marak memasuki rumah warga setelah itu mencuri motor. Sedangkan pencurian motor terparkir depan mini market trendnya kini sudah berkurang atau tidak ada.

“Sasaran pelaku kejahatan yang terjadi di Depok terutama kasus curanmor, modusnya pencurian di rumah kosong (rumsong) dengan sasaran motor yang sedang diparkir depan teras rumah,” ujar Kompol Deddy usai acara memperingati Hari Nusantara di Mapolrestro Depok, Jumat (13/12/2019) pagi.

Setiap beraksi pelaku rata-rata berjumlah dua orang ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit dalam mencuri motor yang ada di dalam garasi rumah. Setiap minggu kejadian antara satu atau dua laporan kehilangan motor.

“Modus pelaku merusak gembok pagar rumah setelah itu masih menggunakan cara konvensional seperti membuka kunci stang motor terkunci menggunakan kunci palsu atau letter T,”kata Kompol Deddy.

Dan rata-rata para pelaku melancarkan aksinya pada siang hari bolong. “Pada umumnya pelaku mencari sasaran target korbannya terlebih dahulu dengan mobile menggunakan motor. Setelah melihat ada kesempatan, masuk ke dalam rumah langsung mencuri motor tanpa diketahui siapapun,” ungkap Kompol Deddy.

Beberapa kejadian yang terjadi di Depok, lanjut Kompol Deddy banyak terekam cctv yang dipasang di rumah atau dilingkungan sehingga memudahkan anggota dalam proses penyelidikan.

“Pelaku pencuri motor ini terbagi beberapa kelompok. Dan kebanyakan lebih banyak muncul kelompok baru. Mencuri motor dianggap sebagai salah satu peluang usaha untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari karena mayoritas pelaku tidak bekerja atau pengangguran,” tambah Kompol Deddy.

Kompol Deddy menambahkan, upaya yang dilakukan untuk meminimalisir kejahatan curanmor di wilayah yaitu dengan mengimbau kepada masyarakat di lingkungan untuk lebih ekstra hati-hati dalam menjaga kendaraannya dengan menambahkan kunci ganda.

“Dengan menggunakan kunci tambahan atau ganda pada kendaraannya dapat mengurungkan para pelaku untuk mencuri,” tutur Kompol Deddy.

Selain itu juga motor jangan diparkir sembarang tempat, parkir yang telah disesuaikan untuk keamanan.

“Disitu ada peluang, maka kejahatan akan selalu mengintai. Dengan menanamkan menjadi polisi bagi diri sendiri, sehingga akan ada timbul rasa yang tinggi bagaimana cara menjaga lingkungan tetap aman dan kondusif,” tutup Kompol Deddy.

Source : Poldametrojayadotinfo


EmoticonEmoticon