2020/01/10

KAPOLSEK PRAJURITKULON PIMPIN PENANAMAN POHON DI BANTARAN KALI KOTOK

Tags




Mojokerto - Fbinews.net

Dengan tema Polri Peduli Penghijauan, Kapolsek Prajuritkulon - Kota Mojokerto Kompol Mas Urivefiati SH, pimpin penanaman pohon pada bantaran kali Kotok disekitar jembatan Rejoto (Pulorejo - Blooto) didampingi Danramil 0815/01 Prajuritkulon Kapten Kav. Rohyadi serta Camat Prajuritkulon Yusuf Setiawan AP. 

Ada tiga jenis bibit tumbuhan yang dipilih untuk ditanam pada Jumat pagi (9/1/2020). Yaitu sirsak, sukun dan cabe puyang. Kegiatan ini tentu saja memiliki banyak manfaat. Akar pohon yang ditanam ketika sudah tumbuh besar sangat berguna sebagai penahan tanah bantaran kali dari kelongsoran. Dengan adanya akar-akar pohon struktur tanah akan menjadi semakin kuat sehingga tahan terhadap gerusan arus sungai yang cenderung meningkatkan pada saat musim hujan.

Selain itu pohon-pohon ini ketika sudah tumbuh besar juga akan bernilai ekonomis dan kesehatan. Sebagaimana banyak diketahui, cabai puyang (cabai Jawa) memiliki manfaat melancarkan pencernaan, mengatasi capek, baik untuk kesehatan kulit serta mengatasi nyeri gigi. Demikian juga pohon sukun dan sirsak daunnya banyak digunakan untuk terapi kesehatan karena memiliki antioksidan yang tinggi. Sedangkan buah sirsak dan sukun bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Kegiatan ini juga didukung oleh DLH Kota Mojokerto.

Agus Buyut


EmoticonEmoticon