2020/04/09

MENGGANDENG PUSKESMAS RANGKAS, WBP LAPAS RANGKASBITUNG DIBEKALI PHBS

Tags




Banten - Fbinews.net

Lembaga Pemasyaratakan Kelas III Rangkasbitung  terus melakukan upaya secara rutin dalam rangka mencegah penularan virus corona disease (Covid-19) masuk Ke Lingkungan Lapas Kelas III Rangkasbitung, kali ini Lapas Rangkasbitung menggandeng Tim Kesehatan dari Puskesmas PKM Rangkasbitung, yang berlangsung di Lapangan serbaguna, Rabu 08/04/2020

Dalam kegiatan tersebut, Tim kesehatan Puskesmas Rangkasbitung memberikan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) termasuk cara mencuci tangan dengan baik dan benar serta melaksanakan etika batuk dan bersin. Dalam kegiatan tersebut juga turut dilaksanakan kegiatan Pemeriksaan Suhu Tubuh terhadap seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kalapas Kelas III Rangkasbitung, Budi Ruswanto.SH,mengatakan sosialisasi penting dilakukan secara rutin dan massif guna mencegah penularan Covid-19 terutama di Lingkungan Lapas rangkasbitung.

"kita terus berupaya untuk melakukan pencegahan masuknya Covid-19 ke Lapas ini, salah satunya melalui kerjasama dengan Puskesmas PKM Rangkasbitung untuk memberikan sosialisasi kesehatan terkait pencegahan, PHB dan sosialisasi etika bersin dan batuk, hal ini penting dilakukan agar setiap orang semakin sadar bahwa Covid-19 ini harus dilawan dengan sungguh-sungguh, dan setiap orang harus secara sadar untuk melaksankan yang dianjurkan pemerintah, karena kalau satu orang saja terkena, akan sangat merugikan kita semua. Alhamdulillah tadi dicek suhu tubuhnya tidak ada yang masuk kategori demam, seluruhnya dibawah 38 c."
 Ujar Budi.

Hal senada juga disampaikan Dokter dari Puskesmas Rangkasbitung, dr. Puti Isip mengharapkan bahwa semua Warga binaan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Covid-19 ini adalah salah satu virus, kita semua jangan menyepelekan pandemic Covid-19 ini, selain karena tidak ada obatnya maka kitalah yang harus sadar dan mawas diri untuk menjaga dan berperilaku hidup bersih dan sehat serta menjaga kebugaran tubuh kita. PHBS wajib kita lakukan misalnya sering mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah melakukan aktifitas, menerapkan etika bersin dan batuk, menggunakan masker dan berolahraga serta berjemur secara rutin, insyallah semoga Covid-19 tidak masuk ke Lapas Kelas III Rangkasbitung" Harap dr. Puti.

Sebagai informasi dampak pandemic covid-19 ini, Lapas Kelas III Rangkasbitung turut menerapkan pembatasan terhadap lalu lintas orang masuk lapas rangkasbitung dan sebagai pengganti, layanan Pemasyarakatan online diterpakan.


Mujahid


EmoticonEmoticon