2020/06/24

POLDA JATIM GELAR SARASEHAN PEMULIAAN NILAI TRI BRATA





Jatim - Fbinews.net

Dalam rangka hari Bhayangkara ke 74 Polda Jawa Timur menggelar sarasehan Pemuliaan Nilai Tri Brata di Pendopo Agung Trowulan Mojokerto pada Rabu(24/6/2020). Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr. M Fadil Imran, M.Si  menyampaikan keinginannya mendekatkan para insan Polri utamanya yang di Jawa Timur agar mendapatkan pencerahan tentang kaitan antara Bhayangkara dan Majapahit. Sarasehan ini menghadirkan narasumber sejarahwan dan budayawan Romo Djatikusumo dari Malang serta sejarahwan dan budayawan Tjahja Tribinuka dari Surabaya.

Upaya Polda Jatim  dalam menggali nilai-nilai keluhuran Bhayangkara adalah demi mewujudkan kamtibmas yang kondusif demi terbangunnya masyarakat yang produktif.
Romo Djati Kusumo mengingatkan, bahwa leluhur kita adalah orang-orang hebat dan kita mendiami wilayah negara yang luar biasa dalam kekayaannya. Sedangkan Tjahja Tribinuka mengungkapkan kembali bahwa dalam perjalanan sejarah Majapahit, kehebatan Gajah Mada setelah meninggal sangat sulit dicari gantinya. Demikian pula ketika tanpa Bhayangkara kekuatan negara menjadi lemah. Kerajaan/kesultanan setelah Majapahit umurnya tidak lama.

Maka terlihat sangat jelas arti penting Bhayangkara bagi ketahanan negara. Kapolda Jawa Timur pun punya pertanyaan besar, "Kenapa Gajah Mada setia dan setia itu apa?"

Dari sini penulis teringat kembali dengan beberapa sifat Gajah Mada yang ditulis Prapanca dalam Nagarakretagama antara lain:
1. MASIHI SAMASTA BUWANA
Pemimpin mencintai alam semesta dengan melestarikan lingkungan hidupnya dengan penuh ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. 
2. SATYA BHAKTI APRABHU
Seorang pemimpin harus memiliki loyalitas dan penuh kesetiaan kepada kepentingan Nusa dan Bangsa.
3. HANAYAKEN MUSUH Meniadakan segala bentuk gangguan keamanan. Baik dari luar maupun dari dalam.
4. TAN SATRESNA 
Menjaga keselamatan jiwa raga harta benda dan hak azasi manusia. Menyatukan seluruh potensi masyarakat demi mensukseskan cita2 bersama.
5. MANTRIWIRA
Menjamin kepastian berdasarkan hukum. Menegakkan keadilan tanpa pengaruh tekanan dari pihak manapun.
6. SARJAWA UPASAMA
Memelihara perasaan tentram dan damai. Rendah hati dan tidak sok kuasa.

Dari beberapa sifat tersebut terlihat bahwa pedoman hidup Gajah Mada selaras dengan pedoman kerja beliau didalam membangun negara yang aman, tentram, adil, makmur dan sejahtera.

Agus Buyut


EmoticonEmoticon