-->

Kerjasama Antar Daerah Dalam Pelayanan Publik Dan Kerjasama Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan di Wilayah Perbatasan


 

Cibinong–fbinews.net


Bupati Bogor, Ade Yasin atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor bersama Walikota Bekasi, Rachmat Effendi atas nama Pemerintah Kota Bekasi menyepakati adendum perjanjian kerjasama antardaerah dalam pelayanan publik dan kerja sama penanggulangan kebakaran dan penyelamatan di wilayah perbatasan, penandatanganan dilaksanakan di Gedung Serba Guna Setda Kabupaten Bogor (23/12). Hadir di acara tersebut Forkompimda Kabupaten Bogor dan para pejabat Pemerintah Kota Bekasi.


Dalam sambutannya Bupati Bogor, Ade Yasin menyampaikan “Kerjasama antara Pemkab Bogor dengan Pemkot Bekasi terkait pelayanan publik sudah terjalin sejak tahun 2019, perpanjangan kesepakatan ini dilakukan berdasarkan perkembangan dan kebutuhan di lapangan, sehingga kita perlu memperpanjang kesepakatan ini dengan penambahan substansi pada ruang lingkup kesepakatan bersama yang merupakan urusan wajib dan pilihan daerah”.


Bupati Bogor, Ade Yasin menyambut baik kerjasama antara Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi untuk menanggulangi masalah-masalah yang ada di Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi khususnya di perbatasan.


Ade menuturkan “Pentingnya kerjasama antardaerah dalam hal ini Jabodetabek dalam penanganan Covid – 19 terutama daerah yang berbatasan sangat krusial, karena tingginya mobilitas penduduk di dua wilayah sehingga perlu kerjasama dalam penerapan aturan terkait PSBB, atau penanganan fasilitas kesehatan misalnya. Di bidang Lingkungan Hidup dan Pekerjaan Umum yaitu pengendalian pencemaran dan sampah Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas serta penanganan banjir kabupaten kota hal – hal tersebut perlu kita kerjasamakan untuk kemaslahatan bersama”.




Di tempat yang sama Walikota Bekasi, Rachmat Effendi mengamini apa yang telah diutarakan oleh Bupati Bogor, Ade Yasin terkait pentingnya kerjasama antardaerah.


“Yang paling krusial adalah tentang kerjasama pemadaman kebakaran antarwilayah perbatasan, terus lingkungan, ada revitalisasi kali Bekasi yang arahnya dari Cikeas dan di Cileungsi dan banyak lagi yang terus dimutasikan untuk meningkatkan pelayanan kedua daerah,” ia meneruskan.


Bentuk kerjasama yang akan dilakukan kedua pemerintah daerah tersebut akan dilaksanakan sesuai dengan tupoksi perangkat daerah terkait untuk saling melengkapi satu sama lainnya.


“Akan ditindaklanjuti dengan dinas teknis, contohnya pemadam kebakaran kalau ada kebakaran di Bekasi, kita bisa minta tolong Pemkab Bogor yang deket begitu juga sebaliknya. Tentang banjir, tentang keuangan juga nanti unit-unit teknis yang melakukan hal tersebut,” ujar Rachmat. 


(Kasdi Botak)


 Advertisement Here
 Advertisement Here