2020/12/23

POLRES MBD GELAR OPERASI LILIN SIWALIMA TAHUN 2020

Tags




MBD : Fbinews.net


Menjelang Perayaan Hari Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres MBD menggelar Operasi Siwalima Tahun 2020. Dengan tema ” Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Tengah Pandemi Covid-19” yang dilaksanakan di Lapangan Apel Kantor Polres MBD, Senin (21/12/2020).


Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, S.T, bertindak sebagai Inspektur Apel dalam kegiatan Gelar Pasukan Operasi Lilin Siwalima Tahun 2020, dan Komandan Apel adalah  Pour Log  Bag Sumda Polres MBD, IPDA. Hendrik Astanto dan bertindak selaku Perwira Upacara adalah Kabag OPS Polres MBD, AKP. Noovy E.A. Sapulette.





Sebagai tanda dimulainya kegiatan operasi Lilin siwalima Tahun 2020 dilakukan penyamatan pita oleh Inspektur Upacara pada personil Polres MBD, Kodim 1511 Pulau Moa, Brimob MBD dan  Dishub Kab. MBD. Bupati MBD  dalam kesempatannya sebelum membacakan amanat Kapolri, Jendral Pol. Drs. Idham Aziz, M.Si  mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik bagi seluruh komponen utama TNI-POLRI dalam pengamanan PILKADA MBD Tahun 2020 sehingga bisa berjalan dalam keadaan damai dan aman.


Dalam amanatnya Kapolri menyatakan bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 ini diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri mulai dari Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan. Apel ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi lilin 2020 menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.


Perayaan Natal dan Tahun  Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan di tempat-tempat wisata yang dapat meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian yang tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.




Oleh karen itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, yang dimulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 04 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, serta tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.


Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli, jangan sampai perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.


Beberapa penekanan yang disampaikan Kapolri untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan operasi ini adalah sebagai berikut : Pertama, Siapkan mental dan fisik dan jaga kesehatan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada TYME. Kedua, Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. Ketiga, Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan. 


Keempat, Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis  serta berikan pelayanan terbaik. Kelima, Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proposional serta bertindaklah  secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas. Keenam, Mantapkan kerja sama, sinergi dan solidaritas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi. Ketujuh, Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.


Hadir dalam kegiatan apel ini, Ketua DPRD Kab.MBD, Waka Polres MBD,  Kasdim 1511 Pulau Moa, Kabag, Kasat dan Perwira Staf Polres MBD, Pabung TNI AL, Kasatgas Puter TNI AL, Pabung TNI AU, Danki Brimob Yon C Pelopor, Kapolsek Moa Lakor, Pimpinan OPD Lingkup Kab. MBD, Sekretaris Klasis Lemola, serta Kepala Desa Wakarleli. Kalwedo... 


(DKI) Jack


EmoticonEmoticon