-->

Pemkab Pekalongan Raih Penghargaan Pembangunan Daerah


 
PEKALONGAN -FBINEWS.NET

Melalui perencanaan pembangunan yang mengusung tema “Peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) Melalui Gerakan Kudu Sekolah” Kabupaten Pekalongan kembali memperoleh penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Pemerintah Kabupaten Pekalongan berhasil meraih juara III untuk kategori kabupaten.


Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, M.IP kepada Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi pada acara Musrenbang Perubahan RPJMD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018-2023 dan RKPD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022, di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jl. Pahlawan 9 Semarang, Rabu (14/4/2021).

“Kabupaten Pekalongan masuk 3 besar karena kita mengusung program ”Kudu Sekolah”, dimana ‘Kudu Sekolah’ dimaksudkan agar seluruh anak yang drop out berkesempatan sekolah lagi. Kita punya program, menciptakan aplikasinya, kemudian intervensi program dari pemerintah yang didukung oleh seluruh kekuatan,” kata Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi .

"Dengan cara seperti itu alhamdulilah upaya untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) dan menghilangkan distorsi/dikotomi pendidikan di daerah atas/bawah, masyarakat kota/desa, masyarakat miskin/kaya, alhamdulilah bisa kita hilangkan di kabupaten Pekalongan,“ ungkapnya.

Mengenai program ”Kudu Sekolah”, dijelaskan Bupati Asip pihaknya menpunyai database anak yang tidak sekolah secara rinci termasuk ada dimana dan anaknya siapa serta karena apa. Kemudian treatment nya nanti akan dibuka secara lebih tepat sehingga pada akhirnya seluruh anak di kabupaten Pekalongan yang wajib sekolah, mereka “Kudu Sekolah” semua.

Disamping itu, lanjutnya, prestasi Pemkab Pekalongan pada 2021 ini tidak hanya penghargaan di bidang perencanaan daerah saja, melainkan ada beberapa bidang lain yang kesemuanya berkat kerja dari rekan-rekan di OPD dan didukung oleh seluruh warga masyarakat sehingga seringkali Pemkab mendapat penghargaan baik dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi.

“Manfaat/imbas dari beberapa kali kita memperoleh penghargaan adalah pemkab Pekalongan mendapat perhatian secara khusus. Kita juga mengusulkan kepada DPRD Provinsi Jawa Tengah, ada reward yang berupa bantuan keuangan. Mudah-mudahan ini bisa kita dapatkan, seperti kita memperoleh penghargaan di bidang lingkungan, yaitu juara II dan III lomba Habitat provinsi JawaTengah,” imbuhnya.

Inilah contoh, kata dia, ketika semua komponen bergerak, bisa bersaing dengan daerah lain, maka akan ada reward yang akan kita dapatkan, meski bukan itu tujuannya.

“Tujuannya adalah membangun kredibilitas pemerintahan, agar tujuan utama mensejahterakan masyarakat kabupaten Pekalongan ini segera bisa kita wujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” pungkasnya (red)
 Advertisement Here
 Advertisement Here