13 Sep 2021

Kades Mandaong Zulkifli Robo Bersama Mahasiswa Universitas Khairun ternate Tinjau Lokasi Tanaman Buah Naga

   
Halsel - Fbinews.net

Zulkifli Robo Kades di dampingi Sekdes Hamid Barmawi, Bendehara Ardi Bersama Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun ternate di antaranya, Anisha, Zihan, Nirmala, Sarini, Fauji, Alif dan Ridha berkunjung dilokasi perkebunan Buah naga milik warga desa mandaong Selasa tanggal 13 September 2021.

Rusdi kafara, Ahmada Ruslan dan Muhlis Kafara menerima kunjugan kepala desa mandaong berserta rombongan dilokasi penanaman belakang kampus STP desa wayamiga.


Pada tahun 2018 pemerintah desa mandaong telah mengakan pengadaan tanamam Holtu Kultura ( Buah Naga ) sebanyak 2000 pohon untuk dibagikan kepada warga, buah naga dibagi kan ke Rt kemudian Rt membagikan per rumah kepada warganya.

Rusdi Kafara' panggilan Udi mendapatkan lima (5) pohon kemudian Udi mendapatkan penambahan dari kepala desa mandaong (Zulkifli Robo) sebanyak tiga puluh lima (35) pohon dan kemudian udi menanamnya di samping rumah hasil dari empat puluh pohon buah naga yang dia miliki selalu menghasilkan 12 kg di saat panen

Udi panggilan manisnya saat dihubungi lewat telpon seluler oleh media fbinews mengatakan bahwa siang tadi saya menyampaikan keluhan terkait dengan kekurangan dan kebutuhan untuk merawat tanaman buah naga kepada kepala desa seperti, pupuk, alat pertanian dan tiang dari pohon kapook karna pohon kapook susah dicari dan ambilnya cukup jauh ini membutuhkan trasportasi serta uang pemeliharaan ucap udi.

Kepala desa mandaong Zulkifli Robo merespon cepat apa yang di keluhkan oleh Rusdi kafar tentang kekurangan nya itu, kemudian Kades mandaong ZUL panggilan nya menyampaikan kepada Udi, saya akan menyampaikan kepada Bupati Kabupatenn Halamahera Selatan Hi. Usman Sidik Bahwa warganya telah membudi dayakan tanaman Holtu Kultura (Buah Naga) di desa wayamiga.

Demi Warga nya kepala desa mandaong rela hujan hujanan berkunjung ke lokasi penanaman buah naga atau holtu kultura salah satu warga desa mandaong di belakang kampus STP labuha sekaligua bersilaturahmi dengan para petani.

Meakipun hujan hujanan kades di dampingi sekdes bersama sama mahasiswa fakultas ekonomu dan bisnis UH melihat lihat tananam buah naga dan berbincang bincang dengan ketua kelompok Rusdi Kafara namanya sambil berfose bersama.

Kebersamaan yang di tunjukan oleh kades mandaong Zul sapaan akrabnya yaitu makan bersama dikebun milik warga nya karna menjadi pemimpin itu banyak mendengar keluhan masyarakat serta berkunjung dan silaturahmi, itu yang ditunjukan oleh kepala desa mandaong ZULKIFLI ROBO sering di panggil dengan sebutan Zul. (latif.m)