-->

Strategi Kapolri Tangani Arus Balik di Jalur Arteri



Jakarta  - Fbinews

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan sejumlah strategi telah disiapkan untuk menghindari kepadatan lalu lintas di jalur arteri karena kepadatan ini masih menjadi salah satu fokus saat menghadapi arus balik Lebaran, Minggu (24/3/2023).


"Tentunya yang akan kita lakukan sedapat mungkin adalah bagaimana pada saat kita melaksanakan one way di jalur-jalur tol, hal-hal yang menghambat jalur arteri juga kita maksimalkan untuk kita lakukan pembersihan," ujar Kapolri Listyo Sigit Prabowo.


Listyo mengatakan pihaknya juga akan menyiapkan personel di jalur-jalur arteri. Penempatan personel itu bertujuan mengatur lalu lintas sehingga kepadatan di jalur arteri bisa dikurangi.


"Bagaimana titik-titik potensi rawan macet, rawan laka (kecelakaan), personel-personel Polri dan gabungan kita turunkan dalam jumlah besar sehingga baik yang di tol maupun di arteri semuanya bisa berjalan," ucap sigit.


Menurut Listyo, pihak kepolisian juga akan aktif menyampaikan informasi perihal dinamika kondisi lalu lintas saat arus balik Lebaran. Dia menyebut penyampaian informasi yang cepat ke publik itu diharapkan mampu membantu masyarakat untuk menyesuaikan keberangkatan dengan sistem kebijakan rekayasa lalu lintas yang disiapkan.


"Tentu kita akan berusaha melakukan sosialisasi secara cepat apabila ada perubahan-perubahan terkait jadwal one way yang memang sudah diumumkan. Karena memang akan ada potensi terjadinya perpanjangan one way karena melihat kondisi di jalan dan ini kita akan upayakan diinformasikan secepat untuk menyesuaikan dengan jadwal-jadwal yang akan kita sampaikan tersebut," tutur Listyo.


Listyo mengatakan rekayasa lalu lintas seperti one way hingga contraflow akan kembali diterapkan di arus balik Lebaran tahun ini.


"Pemberlakuan langkah-langkah rekayasa mulai dari one way, contraflow, dan juga kemungkinan ganjil genap akan diberlakukan agar beban jalan pada puncak arus balik ini bisa kita urai dan bisa kita distribusikan," pungkasnya.

**

 

 Advertisement Here
 Advertisement Here