-->

Waspada Penipuan Online, Kombes Pol Tartono : Masyarakat Lebih Berhati-hati Bertransaksi Secara Online



Yogyakarta, FBINEWS

Perkembangan dunia digital berbasis pemanfaatan gadget di semua platform membuat kejahatan siber meningkat, salah satunya adalah penipuan online dimana tujuan dari penipuan online adalah mulai dari jual beli online, mencuri uang, memperoleh data pribadi secara ilegal, dan sebagainya.


Kasus penipuan online ini terus terjadi berulang, bahkan semakin lama semakin banyak menggunakan modus yang semakin canggih dan modern.


Oleh karena itu Ditbinmas Polda DIY  bersama dengan narasumber dari OJK, Kadin, Kominfo mengadakan kegiatan dialog interaktif dengan mengambil tema "Waspada Modus Penipuan Onlne", Selasa (30/5) di atrium Jogja City Mall. 





Dalam dialog interaktif tersebut disampaikan oleh narasumber dari Ditreskrimsus Polda DIY, bagi masyarakat untuk berhati-hati dalam bertransaksi secara online. Pastikan gunakan pengamanan otentikasi dua faktor, metode keamanan manajemen identitas dan akses yang memerlukan dua bentuk identifikasi di semua platform media sosial dan aplikasi. 


Hal ini disampaikan oleh Iptu Roberto Wuryan, SH, sebagai nara sumber dari Subdit Siber Ditreskrimsus Polda DIY. 


Selain dari Ditreskrimsus Polda DIY, narasumber lainnya dari Kepala Dinas Kominfo DIY Hari Edi Tri W.N., SIP, M.Si, Kadin DIY Timotius Apriyanto dan dari OJK ibu Dinavita Tri Riandari serta salah satu korban penipuan online ibu Puspa yang kasusnya telah diselesaikan oleh Polda DIY. 


Dirbinmas Polda DIY, Kombes Pol Tartono, SH, MBA, mengajak masyarakat untuk lebih berhati-hati bertransaksi secara online.


"Tidak tergesa-gesa dalam bertransaksi, dan “melek” informasi dengan memperbanyak literasi sehingga tidak menjadi korban penipuan online serta dapat hidup nyaman, bertransaksi aman,"jelasnya.


Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat  memberikan pengetahuan bagi masyarakat bagaimana untuk menghindari penipuan online sehingga kejahatan khususnya penipuan online dapat diminimalisir. 

(Apy) 

 Advertisement Here
 Advertisement Here