-->

BUYUT CANGGA CULTURE FESTIVAL 2023

 


Kabupaten Mojokerto - Fbinews

Event Kebudayaan terus digelar oleh Karang Taruna Desa Perning untuk membangkitkan perekonomian daerah dan membangkitkan kembali tentang pemahaman budaya dikalangan masyarakat. Salah satunya melalui event Buyut Cangga Culture Fest 2023 yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga dan pemahaman tentang budaya dikalangan warga termasuk angkatan Gen Z.


Karang Taruna Desa Perning, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur terus berupaya untuk membangkitkan seni budaya dan ekonomi kreatif yang ada di wilayah Desa Perning pada kegiatan BCCF 2023 yang berlangsung di Area Punden Mbah Buyut Cangga Ds. Perning, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.





Ketua Panitia Bagas Aditya Putra Utama, S.I.Kom, mengatakan bahwa kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari yakni 5-6 Agustus 2023 yang diharapkan bisa membangkitkan seni budaya dan ekonomi kreatif di Desa Perning. 


Mengusung tema 'Bersih Desa dan Mengingat Kembali Budaya', dalam gelaran BCCF 2023 ini dimeriahkan berbagai acara yang menarik dikunjungi. Mulai dari lomba kuliner tradisional Jawa Timur, pentas seni, kirab budaya dan pagelaran wayang kulit semalam suntuk Ki Teguh Sutrisno serta Abah Kirun. 


"Menariknya, pelaksanaan Buyut Cangga Culture Fest 2023 kali ini juga dilaksanakan pemecahan rekor Desa yaitu kirab Bendera Merah-Putih sepanjang 500 meter oleh 1000 warga dan komunitas yang ada di Desa Perning. Selain itu pada Minggu (6/8/2023) ada pagelaran wayang kulit Ki Teguh Sutrisno dan juga di meriahkan oleh bintang tamu yaitu Abah Kirun CS," ungkap Bagas. 


Kegiatan seperti ini sudah berlangsung selama 2 tahun. Sebagai upaya para pemuda Desa Perning dalam mendukung pemerintah untuk membangkitkan lebih cepat dari semua dampak pandemi COVID-19. Mulai dari bangkitnya ekonomi kreatif hingga seni budaya yang ada di Kabupaten Mojokerto.


"Pada tahun 2022 kita sudah memulai dengan adanya kirab budaya dan pagelaran wayang kulit, dan di tahun 2023 yang kita gelar ini dengan memberikan ruang dan waktu yang lebih banyak bagi para warga untuk berjualan dengan menu kuliner tradisional serta para seniman dan budayawan untuk kembali menunjukkan betapa luar biasanya budaya-budaya yang ada di Jawa Timur," lanjut Bagas.


Ia meminta, agar seluruh pemangku kepentingan dapat bergotong royong dalam membangun dan membangkitkan semua lini. Sehingga, ke depan, seluruh masyarakat di Desa Perning bisa lebih baik. 


"Mohon bantuan partisipasi semuanya, bahwa kita tidak akan bisa bangkit lebih cepat dan bangkit melebihi dari kondisi sebelum pandemi COVID-19 kalau kita tidak bekerja sama, saling mendukung, saling rukun, dan saling mengisi satu dengan lainnya," ujarnya.


Ketua Karang Taruna Desa Perning, Fandy Akhmad juga mengucapkan terimakasih kepada para sponsor atau donatur pada acara Buyut Cangga Culture Fest 2023 digelar selama 2 hari. 


"Karena tanpa adanya dukungan dari Pemerintah Desa Perning, para donatur lokal dan warga Desa Perning serta di sponsori oleh 3 brand terbaik yang ada di wilayah Kabupaten Mojokerto yaitu Rose Brand, OrderKuota, dan toko emas Pribadi serta 1 brand luar Kabupaten Mojokerto yaitu Cimory, mungkin kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik dan lancar serta sesuai yang kita harapkan." ucap Fandy.



(Agus Buyut)

 Advertisement Here
 Advertisement Here