-->

Gubernur Jawa Timur Resmikan Koridor II Bus Trans Jatim Di Kota Mojokerto


Mojokerto - FBINEWS 

Kebutuhan akan transportasi umum yang layak bagi masyarakat mendorong pemerintah Propinsi Jawa Timur untuk berinovasi dengan meluncurkan angkutan bus Trans Jatim. Salah satu jalur yang memiliki pelayanan bus ini adalah Koridor II Trans Jatim dengan rute Terminal Kertajaya (Mojokerto) - Terminal Purabaya (Sidoarjo) 

Peresmian Koridor II Trans Jatim ini dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Minggu (20/8/2023) di Terminal Kertajaya (Mojokerto) Jl. By Pass No. 53 Kota Mojokerto. Program ini merupakan kesesuaian dan bukti yang konkrit dengan Program Nawa Bhakti Satya yang ke empat yaitu Jatim akses. Program ini dicanangkan gubernur Jawa Timur yang dibaktikan untuk kemuliaan masyarakat Jawa Timur. Dalam peresmian Koridor II Trans Jatim ini sekaligus integrasi pembayaran Trans Jatim dan Kereta Commuter Indonesia (KCI) dengan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT). 

Diluncurkannya Trans Jatim ini bertujuan untuk meningkatkan kwalitas angkutan massal yang aman, nyaman dan tepat waktu dan terjangkau. Disediakan 20 unit Bus untuk melayani masyarakat dan 2 unit bus untuk cadangan. Untuk tiket Trans Jatim sendiri ada dua macam. Pertama adalah tiket untuk umum sebesar 5 ribu rupiah. Kedua adalah tiket untuk pelajar dan santri sebesar 2.500 rupiah. 

Bus-bus Trans Jatim ini melintasi 35 halte yang telah disiapkan dengan waktu tunggu antarbus diperkirakan 10–15 menit pada jam sibuk serta 25–30 menit pada jam longgar. Untuk waktu operasionalnya ditetapkan mulai pukul 05.00 hingga 21.00 WIB. 

Sebelumnya Khofifah sudah meresmikan Koridor l Trans Jatim yaitu untuk jalur Terminal Bunder - Terminal Purabaya - Terminal Porong . Harapannya adalah akan tumbuh simpul-simpul baru pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. 

"Kami atas nama pemerintah kota Mojokerto juga menghaturkan terima kasih ibuku Gubernur, bahwa Trans Jatim ini salah satu haltenya ditempatkan di rest area Gunung Gedangan. Dimana rest area tersebut yang Ibu gubernur sempat berkunjung dua tahun yang lalu itu adalah sentra UMKM dan kuliner Kota Mojokerto," ungkap Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari dalam menyambut peresmian Koridor II Trans Jatim ini. 

Dengan adanya halte bus Trans Jatim di rest area Gunung Gedangan tentu akan menambah jumlah kunjungan masyarakat yang akan berbelanja pada UMKM Kota Mojokerto dan ini dipastikan akan meningkatkan pendapatan atau penghasilan UMKM Kota Mojokerto. 

Dengan adanya Perpres 80 tahun 2019 Kota Mojokerto mendapatkan alokasi untuk pembangunan pariwisata Taman Bahari Majapahit  (TBM) sebagai pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Majapahit yang berada di Trowulan.  Saat ini ada 7 paket proyek sedang berjalan sekaligus di wilayah Kota Mojokerto sisi Barat. 

Ada tiga akses jalan menuju Taman Bahari Majapahit  (TBM) tersebut dan Sisanya adalah pusat pelayanan terpadu untuk UMKM Sentral IKM batik. Taman Bahari Majapahit  (TBM) itu sendiri nanti akan dilengkapi dengan 15 unit kapal untuk susur sungai, agrowisata petik jeruk yang sudah ada 11.000 pohon yang di tanam di sepanjang bantaran sungai Ngotok anak sungai Brantas juga salah satunya nanti akan ada satu kapal untuk Resto kuliner sepanjang 42 meter yang berada di tepi sungai ngotok yang akan menjadi pusat kuliner yang bisa dinikmati dengan view sungai 

"Seluruh ikhtiar ini tentu ingin memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Jawa Timur. Koridor II kita resmikan hari ini," kata Khofifah dalam sambutannya. 

Lebih lanjut Khofifah menyampaikan bahwa untuk Koridor III masih di persiapkan yaitu Mojokerto - Gresik. Jadi Surabaya aglomerasi centrifugalnya ada di Mojokerto. Harapannya orang akan banyak berkunjung ke Mojokerto. Lebih luas dalam mengenal Majapahit. Dimana Bhineka Tunggal Ika dilahirkan Majapahit dan Nusantara juga dilahirkan Majapahit. 


(Agus Buyut)

 Advertisement Here
 Advertisement Here