-->

Jaga Kelestarian Lingkungan, Kapolres Tapsel: Kita Tanam 1.500 Bibit Pohon


 
Tapsel - FBINEWS


Guna menjaga kelestarian dan penghijauan lingkungan, Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Imam Zamroni, S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa pihaknya bersama pemerintah daerah, TNI, Kejaksaan, dan stake holder lainnya menanam 1.500 bibit Pohon.

Hal itu diungkapkan Kapolres saat aksi penghijauan dengan penanaman Pohon serentak seluruh Indonesia di Lahan Markas Polres Tapsel di Kecamatan Sipirok, Rabu (23/8/2023) pagi. Kegiatan ini, mengangkat tema "Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini".



Kapolres memaparkan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78. Dia menjelaskan, dengan adanya kegiatan ini, Bumi Indonesia khususnya Kabupaten Tapsel dapat tetap sejuk dan lestari.

Dia melanjut, Kapolri, Jendral Pol Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si, yang menggagas kegiatan ini, memusatkan penanaman Pohon di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan ini juga merupakan upaya menjaga semangat kemerdekaan dengan melestarikan Bumi Indonesia.

"Untuk di Lahan Markas Polres Tapsel di Sipirok, ada 1.500 bibit Pohon yang kami tanam. Untuk jenis Pohonnya antara lain, Mahoni, Durian, Manggis, Jati, Kenari, Sorea, Gaharu, Ketapang, Trembesi, hingga Tingul," jelas Kapolres.

Tidak hanya Polri, sebut Kapolres, kegiatan ini juga melibatkan Pemkab Tapsel, TNI dari Kodim 0212/TS, Kejaksaan, beserta seluruh stake holder lainnya. Selain itu, pihaknya juga memusatkan penanaman Pohon di Hutan Kota. Yang mana, Pemkab Tapsel saat ini yang merupakan pengelola Hutan Kota tersebut.

"Selain di Lahan Markas Polres Tapsel dan Hutan Kota, kegiatan ini juga berlangsung di seluruh Kecamatan. Di mana, masing-masing Polsek jajaran Polres Tapsel bersama Forkopimcam juga mengkoordinir pelaksanaan penanaman Pohon ini," terang Kapolres.

Kapolres berharap, dengan adanya kegiatan ini, mampu menghadapi tantangan perubahan iklim yang begitu ekstrim di seluruh Dunia. Ia juga berharap, apabila terjadi perubahan iklim, bangsa Indonesia tidak ikut terdampak dan bisa menghadapinya dengan baik karena sudah lakukan antisipasi sejak dini.

"Sebab seyogianya, apabila kita menjaga lingkungan sejak dini, maka di masa mendatang lingkungan yang akan menjaga kita," pungkas Kapolres.

Sebelummya, Forkopimda Tapsel mengikuti kegiatan virtual zoom penghijauan dan penanaman Pohon secara serentak dari NTT. Kapolri memimpin langsung kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 itu.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here