-->

Polwan RI: Terus Berinovasi dan Berkembang di Era Digitalisasi


 

Jakarta - FBINEWS 

Polwan RI memperingati Hari Jadi ke-75 pada 1 September 2023. Dalam kesempatan ini, Polwan RI diharapkan terus berinovasi dan berkembang di era digitalisasi.

Kombes Pol Yessy Kurniati, Kapolresta Bukittinggi, mengatakan bahwa polwan telah menunjukkan kinerja yang baik dalam berbagai bidang, termasuk dalam pengamanan Pemilu 2024.

"Polwan telah menunjukkan bahwa kita mampu bertugas secara tegas, cepat, humanis, dan prediktif," kata Yessy dalam acara Zona Inspirasi Kompas TV, Selasa (5/9/23).

Yessy mengatakan bahwa tantangan tugas polwan semakin berat, terutama dalam hal komunikasi dan teknologi.

"Masyarakat semakin pintar, kita tidak boleh merasa paling tahu, kita harus menempatkan diri equal dengan masyarakat sehingga masyarakat merasa terlayani." kata Yessy.

Selain itu Poengky Indarti, Komisioner Kompolnas, mengatakan bahwa polwan memiliki peran penting dalam menangani kasus-kasus yang melibatkan perempuan dan anak-anak.

"Idealnya minimal jumlah polwan ada 10% dari total keseluruhan polisi, Bahkan di Asia, polwan Indonesia masih tergolong sedikit" kata Poengky.

Poengky mengatakan bahwa Kompolnas akan terus mendorong dan memastikan kesempatan bagi polwan untuk mengembangkan diri, termasuk penugasan ke luar negeri.

"Kita masih harus attract polwan untuk mau mengisi tugas-tugas yang agak menantang," kata Poengky.

Poengky juga berpesan kepada polwan untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

"Polwan harus juga bisa melek teknologi karena era semakin berkembang," kata Poengky.

Kombes Yessy dan Poengky berharap bahwa polwan akan terus menjadi bagian penting dari institusi Polri dan masyarakat Indonesia.

 Advertisement Here
 Advertisement Here