-->

Polda Jateng Ungkap Kasus Penipuan Tiket Piala Dunia U17


 

Surakarta - FBINEWS 


Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jawa Tengah (Jateng) mengungkap kasus penipuan tiket Piala Dunia U17 2023. Pelaku, Maulana Septian Rushadi (MS), ditangkap di kediamannya di Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat (24/11).


Dalam konferensi pers yang digelar di Information Center Piala Dunia U17, Hotel Solia Zigna Kampung Batik, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (25/11), Direktur Reskrimsus Polda Jateng Kombes Pol. Dwi Subagio mengatakan, pelaku menawarkan tiket pertandingan Piala Dunia U17 2023 melalui media sosial. 


"Pelaku menawarkan tiket pertandingan Piala Dunia U17 2023 dengan harga di bawah harga normal. Korban yang tertarik kemudian menghubungi pelaku dan melakukan pembayaran," kata Dwi Subagio.


Dwi Subagio menjelaskan, tiket yang ditawarkan pelaku adalah tiket palsu. Tiket tersebut dibuat menggunakan printer biasa dan tidak memiliki kode barcode.


"Tiket yang ditawarkan pelaku adalah tiket palsu. Tiket tersebut tidak bisa digunakan untuk masuk ke stadion," ujar Dwi Subagio.


Dalam kasus ini, polisi mengamankan barang bukti berupa 1 buah tiket palsu pertandingan putaran 16 Besar Tanggal 20 November 2023 Antara Timnas Ekuador vs Brazil dan Timnas Spanyol vs Jepang, bukti transfer pembayaran tiket senilai Rp. 150.000,00 ( Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah), 1 buah handphone merk Vivo milik tersangka, akun Facebook dengan username (NAGORO ERLANGGA), akun WhatsApp dengan nomor (081235281732) AN. ERLANGGA_YHOSSI_H, dan 1 buah kartu identitas tersangka.


Pelaku dijerat dengan Pasal 45 A Ayat (1) Jo Pasal 28 Ayat (1) Undang -undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang -undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang informasi San Transaksi Elektronik atau Pasal 378 KUHPIDANA.


"Ancaman hukuman untuk pelaku adalah pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar," kata Dwi Subagio.


Dwi Subagio mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam membeli tiket Piala Dunia U17 2023. Masyarakat diimbau untuk membeli tiket resmi melalui penyelenggara atau melalui agen resmi yang ditunjuk.


"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam membeli tiket Piala Dunia U17 2023. Masyarakat diimbau untuk membeli tiket resmi melalui penyelenggara atau melalui agen resmi yang ditunjuk," ujar Dwi Subagio.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here